The Power of TIDUR, Jam Biologis Tubuh dan Akibat Kurang Tidur bagi Kesehatan & Psikilogi Kita

By SHIETRA - April 15, 2019

The Power of TIDUR, Jam Biologis Tubuh dan Akibat Kurang Tidur bagi Kesehatan & Psikilogi Kita
Sayangi tubuh dan diri sobat KWANG dengan tidur yang cukup dan tidur di waktu yang tepat, mungkin itulah nasehat paling penting bagi kesehatan kita. Kita tidak bisa mencurangi tubuh biologis kita sendiri, sesibuk apapun kita. Masih ada hari esok, tenang saja, sekarang tidur dan istirahatkan tubuh serta pikiran mu! 💤😪
Kesibukan kita tidaklah lebih penting daripada kesehatan kita—apakah tidak terlampau mahal membayar kesibukan dengan kesehatan kita?
Dengan modal kesehatan, kita bisa melakukan segala kesibukan. Namun tanpa kesehatan, kesibukan kita nantinya hanyalah untuk meratapi penyakit dan menyesali diri. Memiliki kesibukan untuk hidup sehat, bukan hidup untuk menjadi penuh kesibukan. Tujuan hidup kita adalah untuk hidup sehat agar bisa bahagia. Tidak ada orang sakit yang merasa bahagia.
Ternyata ada korelasi antara faktor kurangnya waktu untuk tidur, dan dampak negatif bagi kebugaran tubuh maupun kesehatan batin.
Sebagian orang suka menyepelekan ketika kurang tidur, menurut ulasan Dara Elisabeth. Beragam alasan muncul mulai dari tuntutan pekejaan yang menumpuk, nonton sinetron, bermain video game, membuat waktu tidur jadi kurang dari 6-7 jam dalam sehari bagi orang dewasa.
Namun KWANG memiliki pengalaman yang tampaknya tidak sesederhana “tidur dengan waktu jam yang cukup”. Sebagai contoh adalah pengalaman KWANG sendiri, bila tidur di pukul 12 malam dan sekalipun bangun disiang hari keesokan harinya pukul 8.00 siang, meski total waktu tidur mencapai 8 jam, namun hal tersebut tetap tidak dapat membohongi “jam biologis” diri kita.
Bila “jam biologis” tidur kita adalah dari pukul 22.00 malam hingga pukul 06.00 pagi, maka kita perlu disiplinkan diri pada “jam biologis” kita, secara tepat waktu dan penuh. Kita bukan hanya harus patuh pada guru atau atasan kita, tapi juga kepada “jam biologis” tubuh kita sendiri. Mulailah berlatih disiplin secara bertanggung jawab terhadap diri kita sendiri.
Meski sama-sama total waktu tidur yang dihabiskan ialah 8 jam sehari, namun waktu tidur kita tersebut ternyata tidak dapat digeser menjadi dari dan ke pukul lainnya. Itulah satu fakta yang KWANG temukan sendiri dengan eksperimen pribadi. Tidak bisa ditawar-tawar dengan alasan apapun, karena kita tidak bisa bermain curang terhadap diri kita sendiri, terlebih terhadap orang lain.
Jika kurang tidur dibiarkan atau dijadikan kebiasaan, masalah kesehatan akan menjadi harga yang harus kita bayar. Inilah akibat jika kita kurang tidur seperti dilansir oleh Reader's Digest:
1. Berkurangnya Fungsi Otak.
Otak akan menjadi lebih kecil dan padat jika memiliki pola tidur yang buruk. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) kurang tidur memang menjadi masalah umum bagi masyarakat modern dewasa ini. Pada orang dengan insomnia kronis, masalah kurang tidur membuat rangsangan terhadap kerja otak berkurang.
"Konsekuensinya orang tersebut memiliki masalah pada kognitif, salah satunya dalam pengambilan keputusan," ungkap penulis studi Ellemarijie Altena dari Neteherlands Institute for Neuroscience.
Bila kita hendak mengikuti ujian sekolah ataupun kegiatan yang menuntut kebugaran prima, tidur dengan waktu yang cukup dan disaat yang tepat, ternayta adalah salah satu kunci keberhasilannya.
2. Menjadi Pelupa.
"Kurang tidur mengganggu kemampuan Anda untuk fokus dan belajar secara efisien. Padahal konsentrasi membantu Anda untuk mengingat sesuatu," tutur seorang spesialis khusus tidur bernama Richard Shane.
Satu penelitian dari Healthy Sleep menunjukkan bahwa tidur memperkuat koneksi saraf yang bertugas mengaktifkan memori. Hal ini juga yang membantu seseorang untuk memperoleh informasi baru. Menurut Shane, kurang tidur akan mengganggu pelancaran koneksi saraf tersebut.
3. Mudah tersinggung. Nah ini nih yang paling penting...
Psikolog yang menangani masalah tidur bernama Michael J. Breus menyatakan bahwa kurang tidur dapat memengaruhi perasaan.
"Ini membuat Anda selalu berpikir negatif," ucapnya. Benar sekali yang satu itu, sudah dibuktikan sendiri oleh KWANG. :)
Shane juga menambahkan bahwa kurang tidur menyebabkan area otak yang bertugas untuk berpikir akan merasakan emosi seperti ketakutan, kecemasan, dan keagresifan, menjadi super sensitif.
4. Cenderung Depresi.
Sebuah penelitian berjudul "Epidemiology of insomnia, depression, and anxiety" menemukan bahwa orang-orang yang mempunyai pola tidur yang buruk mungkin akan mengalami depresi. So, tidak mood untuk tidur karena sedang mengalami hari-hari buruk, bukanlah solusi, justru memperkeruh keadaan.
Itu sebabnya National Sleep Foundation menyarankan untuk mengonsultasikan masalah tidur ke spesialis atau dokter, bagi orang-orang yang mengalami insomnia atau stres berat.
5. Risiko penyakit kardiovaskular.
Selain lelah dan memengaruhi perasaan, kurang tidur juga bisa berdampak negatif bagi kesehatan jantung. Seorang dokter dari Sleep Disorders Center, Cleveland, Amerika bernama Vaishal Shah mengungkap bahwa kurang tidur akan memengaruhi kinerja detak jantung, tekanan darah, aliran darah jantung, dan pernapasan. Selain jantung, hal ini juga dapat memberikan risiko penyakit kronis lainnya. Benar sekali...!
Setelah melakukan eksperimen pribadi, KWANG dengan rasa ingin tahu kemudian melakukan riset kecil-kecilan tentang “jam biologis” yang ternyata sangat menarik untuk kita ketahui dan semakin menguatkan dugaan KWANG.
Dalam tulisan Novia Akmaliyah, S.Gz, setiap orang memiliki tingkat kantuk yang berbeda-beda, namun apakah yang menyebabkan perbedaan tingkat kantuk ini? Kita simak bersama hasil ulasan beliau.
Tidur diatur oleh dua sistem tubuh, yaitu: keseimbangan tidur / bangun dan jam biologis tubuh atau yang dikenal dengan ritme sirkadian.
Ketika tubuh terjaga terlalu lama, sistem keseimbangan tidur / bangun akan memerintahkan tubuh untuk tidur (bahasa tubuh yang tidak boleh kita pungkiri, sinyalemen-sinyalemen yang harus dapat kita tangkap secara bijak sebagai alat komunikasi oleh tubuh kita).
Sistem keseimbangan ini juga akan membantu menjaga tidur sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk ‘menebus’ jam tubuh saat terjaga, sehingga akan terjadi keseimbangan tidur dan bangun, juga antara energi yang dihimpun saat makan dan minum dengan kalori yang dikerahkan saat beraktivitas di pagi dan siang hari.
Selain keseimbangan tidur / bangun, tidur seseorang juga dipengaruhi oleh ritme sirkadian. Ritme sirkadian adalah proses biologis yang berpatokan pada siklus 24 jam atau siklus pagi-malam yang mempengaruhi sistem fungsional tubuh manusia.
Jam sirkadian otak mengatur tidur, pola makan, suhu tubuh, produksi hormon, regulasi level glukosa dan insulin, produksi urin, regenerasi sel, dan aktivitas biologis lainnya. Istilah Inggrisnya ialah “circadian clock”.
Berdasarkan ritme sirkadian, umumnya puncak waktu tidur pada orang dewasa terjadi antara pukul 2.00-4.00 am dan pada siang hari pukul 1.00-3.00 pm.
Perubahan ritme sirkadian dapat terjadi, terutama selama masa remaja, ketika sebagian besar remaja mengalami penundaan fase tidur sehingga terjaga pada malam hari. Ritme sirkadian pada remaja umumnya terjadi antara pukul 3.00-7.00 pada pagi hari dan 2.00-5.00 pada siang hari. Namun pada pagi hari dapat lebih panjang lagi hingga pukul 9.00 am atau 10.00 am apabila kurang tidur.
Jam biologis sirkadian ini dikendalikan oleh bagian otak yang disebut Suprachiasmatic Nucleus (SCN), yaitu sel pada hipotalamus yang merespon cahaya dan sinyal gelap. Sinyal SCN akan dikirimkan ke bagian otak lain yang mengontrol hormon, suhu tubuh, dan fungsi lain yang berperan dalam proses mengantuk dan terjaga.
Hormon yang paling penting terhadap ritme sirkadian yang mempengaruhi tidur adalah hormon melatonin (menyebabkan rasa kantuk dan menurunkan suhu) dan kortisol (membentuk glukosa dan mengaktifkan anti-stress dan anti-inflamasi dalam tubuh). Siapa sangka, urusan tidur ternyata melibatkan banyak komponen lain dalam tubuh kita.
Melatonin biasanya mulai diproduksi tubuh sekitar pukul 8.00-9.00 pm pada malam hari dan berhenti sekitar pukul 7.00-8.00 am pada pagi hari, inilah salah satu contoh “jam biologis” yang tidak dapat kita tipu ataupun geser.
Level melatonin tertinggi terjadi pada tengah malam, sehingga pada periode ini seseorang biasanya mengalami deep sleep. Paling penting ialah kualitas tidur, bukan berapa lama kita tidur. Deep sleep menjadi peran penting yang menentukan kualitas tidur kita.
Tidurlah sesuai “jam biologis” tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit yang dapat timbul akibat kurang tidur—so, siapa bilang penyakit tidak dapat dicegah?
Perubahan level hormon dalam tubuh dan korelasi dampaknya terhadap kesehatan, sudah lama diteliti para ahli, yaitu sebagai berikut:
PAGI
05.00: Tubuh menghasilkan hormon-hormon penting untuk memperbaiki jaringan sel dan memperkuat tulang. Tubuh berada pada kondisi maksimal untuk tidur, karena tubuh menghasilkan hormon melatonin. Orang yang bekerja shift malam akan merasa sangat mengantuk pada jam ini.
06.00:  Waktunya wanita dan pria berada pada puncak kesuburan. Tingginya hormon testosteron pada pria dan wanita menyebabkan tingginya dorongan melakukan hubungan badaniah. Bila Anda tak ingin hamil, jangan lakukan hubungan intim pada waktu ini.
07.00: Hormon anti-inflamasi berada pada tingkat paling rendah, sejalan dengan menurunnya suhu otot. Pada jam ini tubuh terasa kaku dan sakit. Bagi penderita rematik, jam ini dapat sangat menyiksa.
08.00: Tekanan darah dan suhu tubuh meningkat karena hormon kortisol (hormon stress) meningkat. Pada periode ini lazim apabila terjadi serangan jantung.
10.00: Kondisi terjaga yang maksimal, otak dalam kondisi paling tajam dan jernih. Ingatan jangka pendek dan kemampuan memusatkan pikiran sangat optimal, sehingga jam ini merupakan saat tepat untuk mengerjakan pekerjaan yang mengandalkan pikiran seperti menganalisa atau belajar—meski tidak seragam untuk semua kalangan.
11.00: Sistem imunitas tubuh menurun, karena sel darah putih yang bertugas melawan infeksi dan penyakit kurang aktif. Pada jam ini seseorang mudah terserang penyakit. Namun KWANG merasa dugaan tersebut masih harus diteliti lebih lanjut, apakah betul metabolisme tubuh menurun pada waktu tersebut.
SIANG
12.00: Kejadian stroke meningkat sampai  50 persen  pada jam ini karena tekanan darah meningkat. Tingginya tekanan darah dapat menegangkan pembuluh darah karena tersumbat oleh simpanan lemak, sehingga bisa berakibat pecahnya pembuluh darah.
16.00: Hormon adrenalin dan suhu tubuh berada pada kondisi paling tinggi. Saat inilah waktu paling tepat untuk berolahraga. Jam ini juga paru-paru berfungsi maksimal.
17.00: Tingginya produksi hormon serotonin membuat Anda merasa gembira pada jam ini. Ditambah jam pulang kantor yang ditunggu-tunggu, Anda merasa lebih gembira.
MALAM
19.00: Waktu yang pas untuk makan malam, karena tubuh mulai santai sehubungan dengan tubuh yang memproduksi hormon melatonin yang membuat Anda siap tidur malam.
20.00: Hati mempersiapkan enzim untuk memecah etanol.
21.00: Pada jam ini hormon endorphine turun drastis.
22.00: Sistem imunitas meningkat, tubuh Anda siap melawan kuman.
23.00: Alergi Anda mulai bergejolak karena kadar histamin meningkat.
Tengah malam (midnight)
Anda yang sedang hamil tua, bersiaplah menghadapi kontraksi, karena hormon progesteron (hormon pemicu kontraksi) sedang dalam kondisi optimal.
01.00: Waktu terbaik bagi tubuh untuk memulihkan diri, jadi Anda sudah harus tidur lelap pada jam ini. Namun  bila Anda penderita penyakit asam urat, rasa sakit akan menyerang karena kadar asam urat meningkat pada jam ini.
03.00: Serangan asma terjadi pada dini hari karena rendahnya hormon adrenalin dan zat antiradang dalam tubuh.
04.00: Di jam ini kematian sering terjadi di rumah sakit. Penyebabnya adalah turunnya tekanan darah saat pasien tidur lelap.
Ritme sirkadian juga dipengaruhi oleh berbagai faktor jadi responsnya tidak selalu sesuai rincian diatas. Walau begitu, panduan di atas dapat menjadi acuan yang bisa menjelaskan kondisi biologis secara umum tubuh kita.
“Jam biologis” juga kadang diartikan sebagai jadwal rutin untuk bangun dan tidur. Sumber lain menyebutkan, setiap orang umumnya memiliki rutinitas harian yang cukup konsisten. Jika rutinitas ini berubah sedikit saja, dampaknya bisa terasa seharian penuh.
Mungkin ini juga yang sering disebut-sebut sebagai “jet lag”, terutama bagi kamu yang terbang ke benua lain, sehingga antara waktu siang dan malam menjadi terbolak-balik. Namun KWANG menilai bukan berarti setiap orang memiliki “jam biologis” yang seragam.
Misalnya kalau Anda bangun lebih siang dari biasanya, Anda mungkin akan merasa lebih sulit berkonsentrasi sepanjang hari. Hal ini terjadi karena aktivitas Anda tidak mengikuti jadwal atau jam biologis tubuh. Maka, sangat penting untuk memahami ritme alami tubuh Anda. Disiplin diri ternyata sangat penting!
Apa yang dimaksud dengan jam biologis (ritme sirkadian)? Jam biologis mengikuti segala perubahan pada aktivitas fisik, mental, dan perilaku manusia dalam siklus 24 jam.
Selain diatur oleh faktor alami di dalam tubuh manusia seperti saraf suprachiasmatic (SCN) pada otak, biasanya ritme ini dipengaruhi oleh kondisi cahaya di lingkungan sekitar seseorang. Itulah sebabnya, tidur di kondisi temaram bisa lebih lelap. Jam biologis seseorang bisa menentukan siklus tidur, produksi hormon, suhu tubuh, dan berbagai fungsi tubuh lainnya.
Jadwal siklus harian tubuh manusia. Setiap organ tubuh Anda memiliki jadwal-jadwal tertentu saat organ tersebut bekerja lebih maksimal atau justru beristirahat.
Memahami jadwal dan ritme tubuh Anda sendiri akan sangat baik untuk membantu meningkatkan kinerja Anda sehari-hari. Dilansir dari kanal kesehatan BBC, berikut adalah siklus harian tubuh manusia selama 24 jam.
00.00 – 02.59. Pada jam ini, perubahan hormon pada tubuh mengirimkan sinyal pada otak bahwa sudah saatnya Anda tidur dan beristirahat. Hormon melatonin akan diproduksi semakin banyak sehingga Anda akan merasa lebih lelah dan mengantuk.
Otak Anda juga akan membersihkan diri dari racun dan sisa-sisa zat yang tertimbun seharian penuh akibat berpikir keras seharian penuh. Seluruh informasi yang Anda terima hari itu juga akan disimpan otak ke dalam memori jangka pendek dan jangka panjang.
Selain itu, sebaiknya Anda menghindari makan atau minum pada jam ini karena usus Anda sedang menjalani proses pembersihan atau detoksifikasi.
03.00 – 05.59. Suhu tubuh Anda akan mencapai titik terendah pada jam ini. Hal ini terjadi karena energi Anda akan dialihkan dari menghangatkan badan ke fungsi penting lainnya seperti memperbaiki kulit atau melawan infeksi. Tubuh Anda masih terus memproduksi hormon melatonin, tetapi akan segera berkurang menjelang pagi hari.
06.00 – 08.59. Pembuluh darah Anda akan menjadi kaku dan padat di pagi hari. Maka, darah Anda pun lebih kental dan lengket. Ini berarti tekanan darah sedang tinggi-tingginya.
Sebaiknya Anda yang memiliki penyakit jantung menghindari berolahraga pada jam ini karena rawan serangan jantung. Di jam ini, produksi hormon melatonin akan berhenti.
09.00 – 11.59. Pagi hari menjelang siang biasanya merupakan waktu terbaik untuk bekerja, belajar, dan beraktivitas. Ini karena tubuh sedang gencar memproduksi hormon stres yang disebut kortisol. Hormon ini bertugas untuk membuat pikiran Anda lebih waspada. Selain itu, memori jangka pendek Anda juga akan bekerja lebih baik pada jam ini.
12.00 – 14.59. Bila Anda sering mendengar istilah “jam tidur siang” atau “jam mengantuk”, ini karena energi tubuh Anda sedang disibukkan oleh kerja sistem pencernaan.
Organ-organ pencernaan sedang sangat aktif dalam mengolah makanan yang Anda konsumsi saat makan siang sehingga tingkat kewaspadaan akan menurun. Hati-hati jika pada jam ini Anda sedang mengemudi atau mengoperasikan alat-alat berat.
15.00 – 17.59. Di sore hari, biasanya suhu tubuh Anda akan meningkat secara alamiah. Hal ini tentu berguna jika Anda ingin berolahraga dan membutuhkan pemanasan. Paru-paru dan jantung Anda juga bekerja lebih maksimal pada jam ini.
Selain itu, dibandingkan dengan kondisi otot seharian penuh, otot-otot Anda terbukti 6% lebih kuat di sore hari. Jadi, berolahraga pada sore hari adalah pilihan yang tepat untuk menjaga kebugaran tubuh. Padahal, biasanya kita sering diperlihatkan pemandangan orang-orang berjogging dipagi hari, mungkin adalah suatu kebiasaan yang sudah waktunya harus kita ubah rutinitas waktunya.
18.00 – 20.59. Hati-hati dengan makanan yang Anda konsumsi pada jam ini. Para ahli tidak menyarankan Anda untuk makan terlalu banyak pada malam hari karena pencernaan Anda sudah tidak bekerja sebaik di siang hari.
Pada jam ini, hati Anda sedang berfungsi secara maksimal untuk memproduksi protein yang diperlukan tubuh serta membersihkan darah dari berbagai zat beracun.
Dalam Buddhisme, ada budaya puasa yang disebut “Uposatha”, yang artinya hanya makan dari pukul 06.00 pagi hingga 12.00 siang, selebihnya diluar waktu tersebut tidak lagi makan hingga keesokan paginya. Mungkin Uposatha adalah tips yang paling ideal sesuai dengan sains dan iptek kesehatan yang patut sobat KWANG coba.
21.00 – 23.59. Bila Anda adalah orang yang suka bangun pagi, otak akan memproduksi hormon melatonin lebih cepat, yaitu sekitar pukul 9 malam. Jika Anda sering begadang dan bangun lebih siang, hormon tidur tersebut akan dihasilkan pada larut malam. Inilah waktu yang tepat bagi Anda untuk mengurangi aktivitas dan bersiap-siap tidur.
Lalu apa, yang menjadi dampak terganggunya jam biologis tubuh kita?
Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan terganggunya jam biologis manusia. Perubahan zona waktu yang cukup drastis (jet lag), jadwal kerja (shift) yang tak menentu, gaya hidup, serta masalah pencahayaan alami berisiko menyebabkan jam biologis Anda kacau. Seperti halnya gangguan lain pada tubuh, jam biologis yang tidak wajar pun bisa menimbulkan komplikasi.
Terganggunya jam biologis manusia berisiko menyebabkan berbagai masalah seperti insomnia, obesitas, diabetes tipe 2 (kencing manis), depresi, bipolar disorder, dan gangguan mood. Mau terus ceria dan periang? Maka tidurlah yang cukup sesuai “jam biologi” kita. The Power of TIDUR!
Selain itu, jam biologis yang berantakan juga berisiko memengaruhi daya tahan tubuh. Ini karena produksi protein yang dibutuhkan oleh sistem imun menjadi tidak selaras. Maka, usahakan untuk selalu menepati jadwal yang sudah diatur secara alami oleh jam biologis Anda. Kita tidak bisa mencurangi tubuh kita sendiri!
Kita tidak dapat membohongi ataupun mencurangi ‘jam biologis’ kita sendiri, karena dampaknya ternyata fatal bagi kesehatan. Sekalipun kita mencoba mencurangi tubuh dengan bergadang, tetap saja dalam sehari kita hanya punya 24 jam dan ‘jam biologis’ yang sudah terpatri.” (KWANG EARRINGS)
Kanker dikenal sebagai penyakit yang sangat agresif dan mematikan. Akan tetapi, sekarang ini semakin banyak orang yang berhasil sembuh dari kanker. Hal ini disebabkan oleh semakin berkembangnya ilmu kesehatan dan bertambahnya temuan-temuan baru yang bisa membantu menyembuhkan penyakit kronis ini. tidak harus penemuan yang canggih.
Salah satunya yaitu penemuan bahwa jam biologis tubuh alias ritme sirkadian, dapat memengaruhi pengobatan kanker. Apakah maksudnya? Apa artinya temuan ini? Tahu jam biologis tubuh kita sendiri dengan baik, bisa sangat membantu pengobatan kanker, atau setidaknya mencegah.
Jika Anda setiap harinya mulai mengantuk di jam yang sama setiap malamnya, maka bisa jadi itu akibat adanya pengaruh jam biologis yang tubuh Anda miliki.
Ya, setiap orang punya jam biologisnya masing-masing, bisa dibilang hal ini sama saja seperti jadwal tubuh untuk melakukan semua tugasnya, dari mencerna makanan, beristirahat, dan fungsi lainnya.
Jam biologis atau sering disebut juga dengan ritme sirkadian ini juga mengatur kapan tubuh harus memproduksi sel-sel baru hingga memperbaiki DNA yang rusak.
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Charite-Medical University of Berlin ini, menguji pengaruh jam biologis terhadap perkembangan kanker dengan melakukan percobaan pada tikus.
Pada percobaan tersebut, diketahui bahwa ada zat khusus dalam tubuh tikus yang mengatur jam biologis, yaitu zat protein yang disebut dengan RAS. Tak hanya mengatur ritme tubuh saja, tapi zat protein ini juga terbukti dapat mengendalikan pertumbuhan sel kanker yang ada di tubuh tikus.
Dari temuan tersebut, para ahli menyimpulkan bahwa hal ini kemungkinan terjadi juga pada tubuh manusia. Maka artinya, jam biologis setiap orang akan memengaruhi perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Bila jam biologis tubuh Anda kacau, salah satu akibat yang mungkin terjadi adalah kanker tumbuh semakin ganas.
Perbaiki jam biologis tubuh yang kacau untuk mencegah kanker. Meskipun hubungan jam biologis tubuh dengan perkembangan kanker masih harus dipelajari lebih lanjut, dari studi ini para ahli percaya bahwa pengobatan kanker bisa dimaksimalkan dengan menyesuaikan pemberian obat kanker dengan jam biologis tubuh.
Maka, jika Anda punya jam biologis yang kacau, sebaiknya Anda harus mengatur ulangnya kembali.
Contoh paling mudah untuk tahu apakah seseorang punya jam biologis yang baik adalah dengan melihat jadwal tidurnya. Bila memang ia punya jadwal tidur yang teratur setiap harinya, maka bisa dibilang ritme sirkadiannya masih baik. Bagaimana dengan sobat KWANG?
Sebaliknya, jika memang sobat suka begadang dan waktu tidur berantakan, misalnya sobat malah mengantuk di siang hari serta terjaga di sepanjang malam, maka ini tandanya sobat perlu mulai belajar / membiasakan mengatur ulang jam biologis tubuh. Bagaimana caranya?
- Periksa ke dokter. Hal ini membantu Anda untuk mengetahui detail kondisi kesehatan Anda. Mungkin saja memang Anda mengalami suatu gangguan yang membuat Anda terus terjaga tiap malam.
- Buat jadwal tidur yang jelas dan patuhi jadwal tersebut. Meskipun Anda tidak mengantuk di malam hari, tapi Anda harus memaksakan diri untuk tidur dan kembali ke jadwal tidur Anda sebelumnya.
- Jangan tidur di siang hari. Tahan kantuk Anda ketika di siang hari, hal ini demi mengembalikan jam biologis kembali normal.
- Hindari makan dan berolahraga sebelum tidur. Jangan mengonsumsi makanan yang mengandung kafein juga, karena akan merusak jadwal tidur Anda. Lakukan saja puasa Uposatha bila sobat bermaksud untuk kegiatan spirituil ataupun diet.
Bila ritme tubuh sobat kembali normal, maka hal ini tentu akan baik untuk kesehatan sobat secara umum. Hal ini juga dapat menurunkan risiko kanker.
Waktu Tidur Terbaik Sesuai Jam Biologis Tubuh. Sepanjang hari tentu setiap orang memiliki rutinitas atau kegiatan masing masing ya sobat, entah itu sekolah, bekerja, ibu rumah tangga, dsb.
Tubuh tentu membutuhkan waktu untuk istirahat yang tidak hanya dilakukan dengan sadar saja seperti istirahat dalam artian duduk atau bersantai, namun istrahat secara total atau biasa kita sebut dengan tidur.
Sobat tentu sepanjang hari memiliki kebiasaan jam tidur yang menetap sesuai jam biologis tubuh yang harus ditaati agar tubuh sehat bukan? Kesimpulannya, tidur ternyata jauh lebih baik untuk disesuaikan dengan jam biologis tubuh sehingga menjadi jalan untuk meningkatkan kesehatan tubuh yang optimal.
Waktu tidur terbaik sesuai jam biologis tubuh adalah salah satu upaya menyelaraskan irama sirkadian. Sementara begadang di malam hari dianggap sebagai tindakan melawan irama sirkadian yang potensial memicu masalah kesehatan jangka panjang.
Waktu terbaik mengistirahatkan raga dan pikiran adalah sekitar pukul 22.00 atau 23.00. Di waktu ini tubuh secara biologis menghasilkan hormon melatonin yang memengaruhi kualitas waktu tidur terbaik sesuai jam biologis tubuh.
So, pukul 22.00 adalah waktu tidur paling terlambat, ngantuk atau tidak mengantuk, masih ada pekerjaan atau tidak, kita sudah harus tidur terlelap pada pukul tersebut. Tak bisa lagi ditawar-tawar ya, sobat! Jadilah pengawas yang baik bagi diri kita sendiri untuk disiplin.
Demi mendapatkan kualitas waktu tidur terbaik sesuai jam biologis tubuh, usahakan waktu tidur terbaik sesuai jam biologis tubuh yakni cukup sekitar 7 sd 8 jam semalam, bergantung juga pada umur, karena balita dan kanak-kanak butuh waktu tidur lebih panjang.
Hindari pula makan, membaca atau menonton televisi di tempat tidur, tempat tidur untuk tidur! Disiplin melakukan ini secara biologis akan memaksimalkan produksi melatonin dan menyingkirkan radikal bebas.
Para ilmuwan di berbagai negara sepakat bahwa semua individu sebaiknya waktu tidur terbaik sesuai jam biologis tubuh lebih awal (maksimal pada jam 22.00) agar mampu mendapatkan kualitas waktu tidur.
Terbaik sesuai jam biologis tubuh terbaik antara jam 20.00 hingga 06.00, sehingga fungsi biologis yang telah disebutkan di atas bisa berjalan dengan baik pula. Lamanya waktu tidur terbaik sesuai jam biologis tubuh cukup variatif; bagi manusia dewasa, bisa berkisar antara 6 sd 8,5 jam per malam.
Secara otomatis, disiplin waktu tidur terbaik sesuai jam biologis tubuh sesuai jam biologis sangatlah penting, karena hal ini dapat mengurangi stres, mencegah timbulnya penyakit, meningkatkan daya ingat, menambah kualitas hidup, meningkatkan energi, menjaga berat badan, serta meningkatkan hormon yang dapat merawat tubuh. The Power of TIDUR TEPAT WAKTU!
Bagaimana dengan, tidur siang? Bagi individu yang mengalami gangguan waktu tidur terbaik sesuai jam biologis tubuh di malam hari seperti insomnia atau memiliki resiko kerja shift pada metabolisme tubuh, tidak disarankan tidur siang karena bisa berdampak pada kualitas waktu tidur terbaik sesuai jam biologis tubuh di malam hari sehingga berpotensi memperburuk insomnia.
Lantas, kapan waktu yang tepat untuk waktu tidur terbaik sesuai jam biologis tubuh saat siang hari? jawabannya yakni antara pukul 13.00 sd 16.00 ketika tubuh secara biologis ingin istirahat. Waktu tidur terbaik sesuai jam biologis tubuh sebelum atau sesudah pukul tersebut, berpotensi memengaruhi ritme sirkadian tubuh dan berdampak pada kemampuan  sobat untuk tidur di malam hari.
Berapa lama sobat boleh tidur saat siang hari? Durasi waktu tidur terbaik sesuai jam biologis tubuh siang yang ideal adalah 15 s.d. 30 menit. Bila  sobat tidur lebih dari durasi tersebut, yang akan terjadi adalah  sobat akan tertidur nyenyak namun kesulitan untuk bangun dan menganggu metabolisme tubuh, sebab itu saat tidur siang, upayakan untuk melakukannya dengan durasi yang tepat ya sobat, misalnya dengan memasang alarm / weker pada handphone, atau cara lainnya.
Nah sobat, jangan lupa untuk mengikuti waktu tidur terbaik sesuai jam biologis tubuh sehingga sobat memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari penyakit. SAYANGI DIRIMU! 😌
Coba bayangkan, jika saja Matahari tidak disiplin, muncul dan tenggelam sesuka hatinya sendiri, bagaimana jadinya? Bayangkan... Disiplinkan diri kita seperti Matahari bersikap disiplin bagi kita. 💤😪
Semoga informasi penting ini bermanfaat bagi seluruh sobat KWANG. Karena KWANG EARRINGS adalah teman terbaik mu! 😊
Referensi:
https://www.liputan6.com/health/read/3939116/kurang-tidur-5-hal-ini-bakal-terjadi-pada-tubuh
http://lagizi.com/ritme-sirkadian-penentu-jam-biologis-tubuh/
https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/jam-biologis-manusia/
https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/jam-biologis-tubuh-pertumbuhan-kanker/
https://dosenbiologi.com/manusia/waktu-tidur-terbaik-sesuai-jam-biologis-tubuh

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Untuk memesan Asesoris Perhiasan Imitasi Impor Berkualitas KWANG EARRINGS. baik eceran maupun dengan grosiran, silahkan kirimkan pemesanan Anda (Mohon cantumkan link url asesoris yang dipesan untuk kami pastikan ketersediaan stok produk). Tidak ada minimum pembelian jumlah item secara eceran, Bagi yang membeli secara grosir, mendapat diskon khusus. namun disertai ongkos kirim kurir JNE dari Jakarta, Indonesia:
- instagram dengan ID kwang_earrings
- email, telepon ataupun chatting online via Google Hangout : kwang.earrings@gmail.com
- LINE : RIANASHIETRA
- WhatsApp : (+62) 0817-4924-150.
- Juga Follow kami di Facebook: kwang_earrings

Syarat & Ketentuan:
- kerusakan dalam proses pengiriman, diluar tanggung jawab kami selaku penjual / supplier.
- tidak disertakan garansi, karena produk yang kami kirimkan dipastikan dalam kondisi baik dan utuh saat proses pengepakan dan pengiriman ke alamat pembeli.
- produk yang telah dipesan dan dikirimkan, tidak dapat dibatalkan ataupun ditukar.
- jika pelanggan puas atas layanan dan produk kami, mohon kesediaannya untuk dipromosikan ke rekan-rekan dan kerabat.

KWANG EARRINGS mengucapkan terimakasih atas kunjungan serta pembeliannya. Kami senang dapat membantu para wanita untuk tampil cantik dan manarik, dimana dan kapan pun berada, berapa pun usianya (tanpa batasan umur).
Berjiwa muda dan tampil belia, adalah keajaiban yang dapat dibantu oleh asesoris yang menawan sekaligus memikat. Kami senang dapat menyediakan pilihan perhiasan imitasi yang terjangkau namun tetap memperhatikan kualitas produk yang kami tawarkan secara eceran maupun grosiran.

Kami tunggu pesanan Anda, akan kami kirimkan pesanan Anda dengan hati yang penuh kehangatan untuk Anda atau untuk buah hati dan keluarga yang Anda kasihi.
Peluk dan Cium Erat!

Khusus untuk keperluan pemesanan dompet impor souvenir resepsi pertunangan / perkawinan, maupun untuk jasa PRIVATE TOUR GUIDE LEADER FREELANCE RIANA di Thailand, contact person:
- email, telepon, atau chatting online via Google Hangout : kwang.earrings@gmail.com
- LINE : RIANASHIETRA

TESTIMONI PEMBELI

TESTIMONI PEMBELI
Klik Gambar untuk Melihat TESTIMONI Pembeli Produk KWANG EARRINGS