Kerugian Membeli Perhiasan Emas / Intan Asli, Kini Zamannya Perhiasan Emas / Berlian Imitasi

By SHIETRA - Juli 22, 2019

Kerugian Membeli Perhiasan Emas / Intan Asli, Kini Zamannya Perhiasan Emas / Berlian ImitasiApakah Sobat sudah mengetahui, Kerugian Beli Anting / Perhiasan Emas Asli? Dalam artikel ini, KWANG akan share pengetahuan berharga mengenai kerugian membeli perhiasan emas ataupun berlian asli.
Masih banyak diantara masyarakat kita yang memilih berinvestasi berupa perhiasan emas, dengan harapan dapat sewaktu-waktu menjual perhiasan emas untuk memperoleh dana cair dengan cepat lewat pegadaian ketika sedang urgen membutuhkan dana untuk membiaya sekolah anak, sebagai contoh.
Kita sebagai konsumen perhiasan emas, untuk itu perlu mengetahui sudut pandang penjual perhiasan emas. Menurut toko emas, biasanya penjual akan menolak perhiasan emas yang hendak kita jual, bila tidak ada kelengkapan surat semacam sertifikat keaslian emas.
Tidak semua toko perhiasan emas bersedia membeli perhiasan emas yang hendak kita jual, terutama bila tidak disertai adanya kelengkapan surat / sertifikat keaslian emas yang kita bawa untuk ditawarkan dan dijual.
Pihak toko emas akan menolak emas yang kita tawarkan untuk dijual namun tanpa surat keasilan, karena dinilai akan berbahaya. Bagaimana jika itu emas hasil kejahatan pencurian dan penadahan?
Tanpa didukung kelengkapan surat keaslian dan kepemilikan, keaslian perhiasan emas kita akan diragukan. Namun tidak banyak dari kita yang mengetahui, bahwa menjual perhiasan emas ke toko emas akan dikenai biaya potongan hingga 25%!
Ketika kita ingin menjual perhiasan emas, sebaiknya dijual ke toko yang sama dengan toko yang dulu menjadi tempat kita membeli sebelumnya. Jika dijual di toko yang berbeda, harganya akan jatuh cukup drastis, sehingga tidak dapat disebut sebagai menguntungkan.
Sebagai gambaran, harga perhiasan emas yang dijual ke toko emas, akan dipotong 10-25% dari harga beli konsumen. Jika emas tersebut sebelumnya dibeli dari toko lain, kena potongan lagi. Pasalnya dikurangi ongkos jasa pembuatan emas lebur menjadi perhiasan.
Alasan para pemilik toko emas, jika emas dari toko lain jualnya agak rugi, dia dihitung leburan. Misal kalau dipotong ongkos, taruhlah harganya sekitar Rp 400 ribu lebih, kita terimanya hitungan leburan antara Rp 350.000-Rp 370.000 per gram. Itu kan dia beli sudah kena ongkos bikin, begitu alasan pihak toko emas tempat kita akan menjual perhiasan emas asli.
Ada biaya-biaya tambahan saat kita berniat investasi perhiasan emas. Jika tujuannya investasi, maka logam mulia batangan adalah solusinya, namun BUKAN perhiasan emas.
Banyak di antara ibu rumah tangga yang beranggapan harga emas pasti selalu naik. Padahal kenyataannya tidak seindah bayangan kita. Sobat pasti akan kaget bila mengetahui bahwa emas saat ini sedang stagnan dan cenderung turun—akibat masifnya penambangan emas di berbagai negara, sehingga masyarakat kita tidak akan pernah kekurangan emas yang kian banyak beredar di pasaran.
Salah satu hobi ibu rumah tangga adalah mengoleksi perhiasan emas. Mereka beranggapan, perhiasan emas itu adalah investasi yang “two in one”, yakni selain untuk mempercantik diri, perhiasan emas juga dapat dijual untung—meski, diharapkan jual untung, senyatanya belum tentu untung).
Sebelumnya, kita perlu tahu terlebih dahulu, bagaimana cara pembuatan perhiasan emas. Perhiasan emas ini dibuat dari bahan baku emas murni batangan, tembaga dan perak. Ketiga bahan tersebut dicampur dan dilebur menjadi satu sebelum kemudian dicetak.
Persentase campuran masing-masing perhiasan, yang akan mempengaruhi kadar karat emas. Jadi emas perhiasan yang Sobat beli, belum tentu (dan jarang sekali) yang 24 karat (paling murni kandungan emasnya, alias 100% emas). Harga emas perhiasan, tentu saja lebih rendah daripada harga batangan emas yang dijual Antam.
Sehingga, harga perhiasan emas dipengaruhi oleh beberapa variabel, seperti:
- Harga emas hari ini (dengan menggunakan acuan harga logam mulia);
- Kadar Karat atau tingkat kemurnian perhiasan emas;
- Biaya lain, seperti ongkos pembuatan, pajak dan lain sebagainya.
Sehingga, yang menjadi kelemahan perhiasan emas, tidak lain ialah nilai jualnya turun. Saat kita membeli emas di toko emas, kita akan membayar lebih tinggi karena dikenakan biaya proses pembuatan. Namun, saat kita ingin menjualnya kembali, biasanya toko emas hanya menghargai emasnya saja, tidak untuk proses pembuatannya. Sehingga nilai emas menjadi menurun alias terdpresiasi.
Perhiasan emas pun ternyata lebih cepat rusak. Karena sering dipakai, maka perhiasan emas akan dengan mudah terbentur dengan benda lain yang menyebabkannya menjadi lecet dan tampilannya tidak semenarik pertama kali kita membelinya.
Akibatnya, dapat menurunkan harga jual perhiasan emas yang kita miliki. Bagaimana bisa tenang, memakai perhiasan emas, bila sewaktu-waktu perhiasan emas yang kita kenakan dapat rusak? Mungkin itulah kerugian utama membeli perhiasan emas asli.
Pada dasarnya, perhiasan emas bukanlah instrumen yang tepat untuk investasi. Perhiasan emas dibuat sebagai perhiasan, bukan untuk investasi. Memang ada kemungkinan harga jual perhiasan akan meningkat, tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama dan perhiasan emas harus dirawat dengan benar. Jika Sobat ingin berinvestasi emas, lebih baik Sobat berinvestasi di emas logam mulia (berupa batangan emas bersetifikat).
Bahkan, konon, terlalu sering pakai perhiasan emas ternyata bahaya untuk tubuh kita. Menggunakan perhiasan emas pada tubuh, sudah menjadi tradisi lama sejak berabad-abad yang lalu. Hingga kini, budaya demikian masih saja digunakan oleh generasi wanita muda maupun tua.
Terpikat dengan kilau emas, saat menggunakan perhiasan emas, rasa percaya diri si pengguna dapat tersugesti menjadi tinggi. Ternyata, dibalik kemilau perhiasan emas, terdapat efek negatif yang bisa merugikan kesehatan Sobat.
Bagi sebagian kaum wanita, mengenakan perhiasan emas ternyata dilaporkan membuat pusing, mual, dan tidak enak badan—alergi. Bahkan kondisi tersebut bisa terjadi walau hanya melihat deretan emas berjajar di etalase toko. Apa yang sebetulnya telah terjadi?
Bahan tambang yang diletakan pada tubuh manusia, ternyata memiliki pengaruh terhadap sistem saraf kita, tidak terkecuali emas yang menjadi salah satu mineral hasil penambangan.
Seseorang bisa mengalami gangguan kesehatan, ketika mengenakan mineral berupa emas di bagian tubuh tertentu. Menurut sebuah penelitian, emas ternyata bisa mengganggu kesehatan, salah satunya mengganggu sistem saraf.
Dikutip dari Genius Beauty, emas dapat merangsang dan membangkitkan semua proses yang terjadi dalam otak manusia. Penggunaan emas pada tubuh bisa menyebabkan terjadinya masalah kesehatan yang berhubungan dengan sistem saraf secara keseluruhan.
Salah satu dampak negatif yang tergolong ringan akibat penggunaan emas, adalah depresi. Hal inilah yang menyebabkan tidak semua orang bisa mengenakan perhiasan emas.
Bahkan silau / kemilau emas bisa mengakibatkan kejang bagi penderita epilepsi. Karena itu, dokter menyarankan untuk mengganti perhiasan emas dengan perak yang lebih memiliki dampak positif bagi sistem saraf.
Para ahli kesehatan juga mengingatkan agar tidak memakai cincin yang terlampau sempit, sehingga memberi tekanan pada tulang jari. Pemakaian cincin sempit dalam jangka panjang, berpotensi mengakibatkan gangguan sistem kapiler. Segera lepaskan segala perhiasaan emas Sobat, terutama yang berasal dari bahan tambang, bila terasa tidak nyaman, terutama saat tidur.
Nasihat orang tempoe doelu mengenai berinvestasi pada emas, memang benar. Namun, perlu kita pahami, bahwa emas yang dimaksud ialah emas dalam bentuk Logam Mulia (LM) alias batangan, bukan dalam bentuk perhiasan. LM atau emas batangan tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram. Bahkan ada yang tersedia seberat 1 kg.
Para ahli keuangan tidak menyarankan untuk berinvestasi emas dalam perhiasan seperti gelang, cincin, anting, atau liontin. Mengapa? Karena Sobat akan dibebani dengan ongkos pembuatan, dan saat menjual kembali ongkos tersebut tidak diperhitungkan (atau dihilangkan).
Jadi, Sobat akan rugi dalam ongkos pembuatan. Belum lagi jika kuitansi pembelian hilang atau toko tempat Sobat membeli sudah tutup atau pindah tempat, akibatnya harga jual perhiasan emas Sobat akan tertekan pada saat Sobat menjual kembali di toko lain.
Apalagi perhiasan emas yang Sobat beli berhiaskan / bertahtakan berlian, biasanya berlian kurang dihargai pada saat menjual kembali, tentunya Sobat akan cukup dirugikan.
Teknologi sudah semakin maju dari beberapa dasawarsa lampau. Kini perhiasan emas / intan imitasi, sudah sangat mirip dengan emas berlian asli. JIKA ADA YANG MURAH TAPI TRENDY, KENAPA JUGA HARUS BELI YANG MAHAL? Kita bisa gonta-ganti model setiap hari, bisa koleksi puluhan model tanpa diketahui kalau yang kita pakai bukanlah emas berlian asli. Menarik bukan?
Baru sadar ya...?
Kalau beli LM, jadinya disimpen di rumah dong ya, tidak bisa dipakai? Justru itu jadi kesukaran tersendiri, atau harus mengeluarkan biaya tambahan menyewa safety / deposit box di bank. Di simpan di bawah bantal di rumah, akan takut jika ada pencurian.
Setahu para netizen, perhiasan berlian memang tujuannya hanya untuk gaya hidup saja. Harga jual ke toko pun di potong berapa persen (sesuai ketentuan di toko masing-masing).
Untuk mengecek kadar emas, ada alatnya yang disebut caratimeter. Dengan alat tersebut, kita bisa tahu berapa kadar emas yang terkandung dalam perhiasan tersebut.
Begitu juga perhiasan berlian, untuk batu berliannya bisa di-test dengan alat yang biasa disebut diamond tester, jadi kita bisa tahu kandungan yang ada didalam berlian itu. Masalahnya, kita hanya bisa bergantung pada alat yang kita pinjam dari toko perhiasan untuk mengetahui kemurnian perhiasan emas / intan kita yang hendak dijual. Kalau pemilik tokonya jujur, jika tidak?
Malahan kadang bagusan yang replika, demikian komentar netizen. Model dan tampilan perhiasan emas / intan imitasi, lebih dinamis, lebih berani membuat desain, serta ragam pilihannya jauh lebih bercorak, sehingga pastinya lebih modis untuk dikenakan.
Salah satu perusahaan yang bergerak dibidang produksi dan merancang perhiasan emas, mengisahkan bahwa sifat emas murni akan semakin lunak dan mudah tergores. Sebab itu, kombinasi terbaik untuk menghasilkan perhiasan emas berkualitas bagus adalah kadarnya 75 persen, alias 18-22 karat.
Artinya, walaupun semakin murni emas maka harga dan gengsinya semakin tinggi, tetapi belum tentu emas tersebut bagus untuk dijadikan perhiasan. Namun demikian, pembeli juga mesti jeli sebelum membeli perhiasan emas agar tak tertipu dengan emas imitasi namun dijual dengan harga emas 24 karat.
Membeli perhiasan emas asli pun, hanya dapat dibeli di tempat terpercaya, tidak bisa sembarangan membeli di toko-toko emas yang tidak jelas reputasinya, sehingga investasi emas berupa perhiasan emas, relatif tinggi resikonya.
Model perhiasan emas asli, relatif kaku dan tidak dinamis. Untuk mengoleksinya pun, dibutuhkan budget yang tidak sedikit nilainya. Mengapa kita tidak mencoba berpindah hati kepada perhiasan emas / intan imitasi? Kita dapat mengkoleksinya dengan beragam model, yang dapat kita pilih pemakaiannya sesuai acara yang hendak kita ikuti.
Sudah bukan zamannya lagi perhiasan emas asli. Perhiasan emas / intan imitasi impor sudah memiliki desain yang halus dan lembut dan detail desainnya, tidak kalah bergengsi dengan perhiasan emas asli. Karena KWANG EARRINGS adalah teman terbaik mu! J
Sumber Rujukan:
https: //finance.detik. com/berita-ekonomi-bisnis/d-4074677/mau-jual-perhiasan-emas-baca-dulu-tips-ini
https: //www.finansialku. com/investasi-perhiasan-emas/
https ://www.liputan6. com/citizen6/ read/3359887/ terlalu-sering-pakai-perhiasan-emas-ternyata-bahaya-untuk-tubuh
https: //www.kaskus. co.id/thread/ 000000000000000012293532/smart-tips-jangan-pernah-membeli-perhiasan-emas-berlian/
https: //www.cantika. com/read/1045062/emas-24-karat-justru-tak-bagus-kalau-jadi-perhiasan

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Untuk memesan Asesoris Perhiasan Imitasi Impor Berkualitas KWANG EARRINGS. baik eceran maupun dengan grosiran, silahkan kirimkan pemesanan Anda (Mohon cantumkan link url asesoris yang dipesan untuk kami pastikan ketersediaan stok produk). Tidak ada minimum pembelian jumlah item secara eceran, Bagi yang membeli secara grosir, mendapat diskon khusus. namun disertai ongkos kirim kurir JNE dari Jakarta, Indonesia:
- instagram dengan ID kwang_earrings
- email, telepon ataupun chatting online via Google Hangout : kwang.earrings@gmail.com
- LINE : rianashietra
- WhatsApp : (+62) 0817-4924-150.
- Juga Follow kami di Facebook: kwang_earrings

Syarat & Ketentuan:
- kerusakan dalam proses pengiriman, diluar tanggung jawab kami selaku penjual / supplier.
- tidak disertakan garansi, karena produk yang kami kirimkan dipastikan dalam kondisi baik dan utuh saat proses pengepakan dan pengiriman ke alamat pembeli.
- produk yang telah dipesan dan dikirimkan, tidak dapat dibatalkan ataupun ditukar.
- jika pelanggan puas atas layanan dan produk kami, mohon kesediaannya untuk dipromosikan ke rekan-rekan dan kerabat.

KWANG EARRINGS mengucapkan terimakasih atas kunjungan serta pembeliannya. Kami senang dapat membantu para wanita untuk tampil cantik dan manarik, dimana dan kapan pun berada, berapa pun usianya (tanpa batasan umur).
Berjiwa muda dan tampil belia, adalah keajaiban yang dapat dibantu oleh asesoris yang menawan sekaligus memikat. Kami senang dapat menyediakan pilihan perhiasan imitasi yang terjangkau namun tetap memperhatikan kualitas produk yang kami tawarkan secara eceran maupun grosiran.

Kami tunggu pesanan Anda, akan kami kirimkan pesanan Anda dengan hati yang penuh kehangatan untuk Anda atau untuk buah hati dan keluarga yang Anda kasihi.
Peluk dan Cium Erat!

TESTIMONI PEMBELI

TESTIMONI PEMBELI
Klik Gambar untuk Melihat TESTIMONI Pembeli Produk KWANG EARRINGS