Berwisata dengan Private Tour Guide atau Agen Tour Perusahaan Konvensional, Mana yang Lebih Ideal?

By SHIETRA - September 18, 2019

Private Tour Guide RIANA in Bangkok Thailand
Private Tour Guide RIANA in Bangkok Thailand
Private Tour Guide RIANA in Bangkok Thailand

Banyak kita jumpai pengalaman para turis pengguna jasa Agen Tour Konvensional, yang merasa dieksploitasi dan kecewa atas layanan dan agenda acara yang dibuat oleh Perusahaan Agen Tour Konvensional.
Betapa tidak, mereka telah membayar mahal harga Tour, meluangkan waktu libur dan cuti kerja, namun para peserta / rombongan tour justru seringkali dibawa untuk menghabiskan waktu ke tempat-tempat, restoran, maupun toko-toko yang tidak mereka butuhkan, yang mana seringkali tempat-tempat tersebut adalah rekanan “sponsor terselubung” dari pihak Perusahaan Agen Tour Konvensional—alias dengan kata lain, menjadikan turis peserta tour sebagai objek eksploitasi bisnis oleh Agen Tour Konvensional dan toko-toko afiliasinya yang telah saling bekerja sama mengarahkan dan menggiring turis peserta rombongan tour untuk singgah ke tempat mereka, untuk membeli produk-produk yang mereka jual.
Peserta Tour Konvensional demikian, kadang tidak dapat mampir ataupun berkunjung dan membeli barang-barang suvenir dari tempat lain selama berwisata dengan Agen Tour Konvensional, merasa demikian “tersandera” dan “terkungkung” oleh agenda acara dan tempat-tempat kunjungan yang diterapkan sepihak oleh Perusahaan Agen Tour Konvensional. Tidak ada kebebasan, itulah kelemahan dan kerugian terbesar dari menggunakan jasa Perusahaan Agen Tour Konvensional.
Kerugian bagi turis bila berwisata menggunakan jasa Agen Travel Konvensional inilah, yang menjadi latar belakang maraknya peminat jasa Private / Freelance Tour Guide, yang sifatnya lebih personal sesuai kebutuhan pengguna jasa Private Tour, alias dapat dikustomasi dan fleksibel dan lebih bebas dalam berwisata.
Banyak perusahaan Agen Tour Konvensional yang telah besar namanya dan memiliki berbagai paket wisata dari turis. Namun yang tidak banyak diketahui masyarakat umum, alih-alih hendak melakukan perjalanan wisata yang jauh ke luar negeri yang membawa kenangan indah sesuai harga mahal yang dibayarkan, mereka justru dapat terjebak dalam perjalanan wisata yang hambar dan tidak membawa pulang kesan apapun, atau bahkan saling bertengkar dengan sesama anggota rombongan tur yang saling asing satu sama lain. Karena digabung dengan peserta turis lain yang tidak Anda kenal dalam rombongan tur, maka suasana / mood perjalanan sangat tentatif.
Private Tour Guide RIANA in Bangkok Thailand
Ada yang tahu, siapakah aku? Coba tebak!
Kerugian pertama, jelas lebih mahal menggunakan jasa Agen Tour Konvensional, tidak ekonomis seperti menggunakan jasa Private / Freelance Tour Guide lokal. Disebutkan oleh salah satu liputan, 60% responden yang pernah ikut jasa Agen Travel Konvensional menilai bahwa berwisata menggunakan jasa Agen Travel Konvensional ternyata lebih mahal, karena beberapa unsur dari paket wisatanya terkadang tidak benar-benar dibutuhkan oleh setiap turis peserta rombongan tur.
Kerugian kedua, terlampau terpaku waktu yang formal agenda acaranya, disamping sifatnya sepihak dan imperatif sehingga dirasakan tiada kebebasan dan terkungkung. Rincian jadwal yang sudah ditentukan sepihak oleh Aagen Travel Konvensional, tentu menjadi beban tersendiri bagi turis selama traveling.
Private Tour Guide RIANA in Bangkok Thailand
Nikmati Keajaiban Thailand, AMAZING!
Karena sifatnya yang mengikat, maka setiap peserta tur tidak boleh melanggarnya, suka ataupun tidak suka, sekalipun Anda ingin sekali sedikit lama di suatu tempat destinasi wisata dan tidak ingin menuju ke suatu objek destinasi lainnya yang kurang cocok.
Destinasi wisata yang sudah ditentukan secara sepihak oleh pihak perusahaan perjalanan wisata, membuat rombongan merasa malas untuk melakukan eksplorasi dan cenderung pasif alias pasrah. Lantas, apa gunanya berkunjung jauh-jauh tanpa dapat diberi kebebasan untuk mengeksplorasi?
Private Tour Guide RIANA in Bangkok Thailand
Thailand memiliki roller coster yang melaju di jalanan umum, namanya Tuk Tuk. Tapi, penumpangnya harus berpegangan tangan erat-erat!
Kerugian lainnya, seringkali peserta yang ikut serta dalam rombongan tur, jumlahnya sangat masif kuantitasnya, mengakibatkan seringkali sukar bagi setiap anggota peserta tur untuk berbincang ataupun mendengar kisah yang dituturkan oleh sang Tour Leader. Kendala terbesar satu inilah, yang membuat banyak wisatawan mengalihkan minatnya pada penyedia jasa Private Tour Guide, dimana kunjungan menjadi bersifat privat, personal, dan seluruh anggota rombongan adalah orang-orang saling mengenal seperti satu keluarga atau satu teman kantor tanpa “disusupi” oleh peserta “asing”.
Private Tour Guide RIANA in Bangkok Thailand
Private Tour Guide RIANA in Bangkok Thailand
Thailand adalah tempat wisata yang bagus untuk menenangkan diri dan menyegarkan diri
Tidak sesuai keinginan, itulah keluhan terbanyak dari mereka yang pernah merasakan wisata dengan Agen Tour Konvensional. Semisal, pada suatu pagi dalam perjalanan wisata, seorang peserta dalam rombongan menginginkan untuk mencoba kuliner lokal yang khas, namun pihak penyelenggara Perusahaan Agen Travel justru hanya memungkinkan mereka untuk memakan sarapan berupa roti bakar, kentang, dan telur mata sapi.
Hal demikian tentu dapat membuat kita kesal. Namun hal tersebut tidak akan terjadi jika turis menggunakan jasa Private Tour Guide, karena Anda bisa menentukan tiap makanan yang hendak Anda makan dengan panduan dan rekomendasi oleh sang Private Tour Guide. Selain itu, sambil mencicipi makanan khas lokal, hingga menemukan yang sesuai selera, turis bisa menyusuri tiap sudut tempat yang dikunjungi, sehingga menjadi berkesan dan menyenangkan.
Private Tour Guide RIANA in Bangkok Thailand
Thailand, negeri sejuta kisah, sejuta kenangan, bak negeri dongeng penuh fantasi dan impian
Berwisata dan melakukan Tour, tentulah harus pulang dengan rasa gembira dan bahagia. Namun ketika turis justru membawa pulang perasaan bosan, maka sudah saatnya beralih pada Private Tour Guide yang dapat lebih memahami kebutuhan dan keinginan setiap perserta Tour.
Traveling bukanlah suatu formalitas semacam ritual perjalanan datang dari jauh belahan samudera lain menuju suatu destinasi wisata tertentu, lalu kembali tanpa meninggalkan kesan apapun selain rasa letih dan kekecewaan.
Private Tour Guide RIANA in Bangkok Thailand
Private Tour Guide RIANA in Bangkok Thailand
Private Tour Guide RIANA in Bangkok Thailand
Untuk mendapatkan kesan dan cerita unik selama berwisata, setiap peserta tour tidak hanya dihadirkan untuk menjadi penonton, namun juga ikut berbaur dan turun langsung menjadi bagian dalam kehidupan sosial dan budaya di tempat yang dikunjungi. Bila sekadar menjadi penonton, maka kita cukup duduk di depan layar televisi tanpa harus jauh-jauh melakukan tour.
Saat menggunakan jasa tour dari perusahaan Agen Travel Konvensional, perjalanan wisata para turis akan dibatasi dan terkesan hanya sekadar berkunjung, tiba dan pulang kembali, tanpa dapat bernegosiasi apapun perihal jadwal dan susunan acara.
Hal demikian kerap menjadi keluhan turis peserta tour, mengingat Agen Travel Konvensional memiliki jadwal kunjungan yang banyak dalam sehari, sehingga waktu peserta dibatasi karena harus cepat pindah ke destinasi wisata selanjutnya TANPA DAPAT MENIKMATI MOMEN-MOMEN INDAH OBJEK DESTINASI SELAIN PERASAAN LETIH DAN DIKEJAR-KEJAR OLEH WAKTU.
Private Tour Guide RIANA in Bangkok Thailand
Private Tour Guide RIANA in Bangkok Thailand
Agen Wisata Konvensional yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan tour besar, ternyata tidaklah selalu memberikan kemudahan saat berlangsungnya sesi wisata. Sifatnya "Top to down", dalam artian seluruh kegiatan diterapkan imperatif secara sepihak dari perusahaan Agen Tour Konvensional. Peserta tour hanya dapat mengikuti dan patuh tanpa suara. Mereka tidak akan bertanya apakah yang turis inginkan atau minta untuk mengunjungi atau tidak mengunjungi suatu tempat tertentu.
Agen Perjalanan Wisata Konvensional hanya dapat menyuguhkan pilihan paket tujuan wisata yang dikunjungi bila ada turis yang berminat. Biasanya, tujuan-tujuan wisata yang ditawarkan perusahaan Agen Wisata Konvensional sudah dalam bentuk suatu paket tour. Karenanya, seringkali rincian objek destinasi dalam paket wisata tidak sepenuhnya sesuai dengan keinginan setiap peserta tour, karena memang sifatnya tidak personal menyerupai jasa seorang Private Tour Guide.
Private Tour Guide RIANA in Bangkok Thailand
Private Tour Guide RIANA in Bangkok Thailand
Berhubung Tour Leader pada perusahaan Agen Tour Konvensional harus melayani puluhan peserta dalam rombongan, tentulah layanannya tidak dapat optimal terhadap masing-masing peserta. Karenanya, buntut dari semua itu ialah, ketika salah seorang anggota rombongan mengalami masalah, Tour Leader tidak dapat langsung diharapkan mampu untuk memecahkan masalah.
Banyak calon turis wisata yang merasa lebih nyaman menerima jadi rencana kunjungan wisata baku dari pihak perusahaan Agen Tour Konvensional. Sekalipun, agenda acaranya dalam satu paket wisata, sehingga pihak perusahaan Tour menyusun jadwal dan rincian kegiatan (Itinerary) sesuai kemauannya secara sepihak.
Akibatnya, peserta tour tidak bisa sewaktu-waktu mengubah objek destinasi tujuan wisata yang telah ditetapkan oleh perusahaan Agen Tour maupun perihal jadwalnya yang tidak dapat dinegosiasikan—sebanyak apapun sang turis mungkin ingin sedikit lebih berlama-lama pada suatu tujuan wisata.
Private Tour Guide RIANA in Bangkok Thailand
Private Tour Guide RIANA in Bangkok Thailand
Berwisata yang membahagiakan, haruslah bebas sifatnya, bebas dalam arti menentukan jadwal dan tujuan wisata, bebas untuk menikmati keindahan alam dan objek destinasinya, bebas untuk memilih kuliner yang akan dicicipi selama berwisata, dan bebas untuk mengeksplorasi. Itulah kelebihan utama yang membuat Private Tour Guide lokal saat kini lebih banyak dilirik oleh turis asing / mancanegara.
Seringkali agenda wisata perusahaan Agen Tour Konvensional, mencapai hitungan minggu kunjungan wisata. Karena tidak dapat memilih “tour / wisata harian” dengan hitungan hari, karenanya seseorang yang berminat untuk berwisata tidak dapat memilih rencana tour sesuai dengan dana liburan yang dimiliki.
Private Tour Guide RIANA in Bangkok Thailand
Private Tour Guide RIANA in Bangkok Thailand
Betul bahwa semakin banyak peserta tur pada Tour Konvensional, biasanya harga akan semakin murah. Namun, bisa jadi peserta yang ikut memiliki karateristik yang beragam sehingga masing-masing anggota rombongan dituntut untuk harus bisa menyesuaikan diri atau setidaknya saling menahan diri.
Pertimbangan lainnya, pilihan peserta Tour Konvensional tidak bisa berdasarkan anggaran yang dimiliki oleh masing-masing peserta Tour, apakah itu menyewa hotel berbintang lima ataukah cukup menginap pada sebuah losmen, sarapan pada kedai lokal ataukah pada restoran mewah.
Yang tidak kalah sensitif, ialah perihal WAKTU! Jadwal keberangkatan wisata tour yang disediakan dan ditawarkan oleh perusahaan Agen Tour Konvensional biasanya hanya dibuka untuk saat “high/peak season” seperti libur sekolah, hari raya, dan tahun baru atau hari-hari libur lainnya, dimana biasanya hanya tiket pesawat dan hotel juga menetapkan biaya “peak season” yang bisa jadi dua kali lipat harga regular sehingga menjadi tidak ekonomis.
Private Tour Guide RIANA in Bangkok Thailand
Private Tour Guide RIANA in Bangkok Thailand
Pada saat di lokasi wisata pun waktu dibatasi dan kaku, cenderung formalistis “telah tiba lalu berangkat kembali”, karena harus mengejar waktu untuk mengunjungi objek wisata selanjutnya yang telah diatur oleh pihak Perusahaan Tour Konvensional, sehingga kesempatan untuk menikmati suasana dirasakan kurang cukup memadai, penuh ketergesaan dan diburu waktu.
Sementara bila menggunakan jasa Private Tour Guide, tanggal keberangkatan dan tiba bisa secara fleksibel diatur kapan akan pergi dan kembali, sekalipun pada masa “low season” dimana harga tiket dan akomodasi sedang murah. Selain itu, kebebasan untuk menikmati suatu objek destinasi wisata dapat ditentukan sendiri. Sehingga bisa benar-benar menikmati dan menghayati tour selama liburan.
Tanpa perlu dipusingkan oleh riset, Private Guide yang kemudian akan memandu dan memberi rekomendasi pusat kuliner, pusat jajanan, objek wisata, moda transportasi, tempat menginap, dan rincian lainnya, agar rencana kegiatan wisata menjadi optimal dan bersifat personal, sehingga kadang kala dapat dijumpai berbagai objek destinasi wisata dan kuliner yang tidak umum dikunjungi pun bisa kini bisa didatangi dan dikenal.
Private Tour Guide RIANA in Bangkok Thailand
Banyak fasilitas yang “mubazir” menjadi komponen biaya yang selama ini harus dibayarkan oleh pihak pengguna jasa perusahaan Agen Tour Konvensional. Sebagai contoh, biasanya fasilitas perusahaan Tour Konvensional terbilang cukup mewah seperti hotel berbintang. Untuk tiket pesawat terbang, biasanya memakai full service, serta perjalanan daratnya bus pariwisata. Fasilitas makan di restauran elit dengan menu yang, lagi-lagi, sudah disiapkan sekalipun belum tentu sesuai selera.
Sobat KWANG juga mungkin suka menyimak artikel terkait “layanan unggulan” kami ini: (pada link di bawah ini)
Karena KWANG adalah teman terbaik mu! 😊

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Untuk memesan Asesoris Perhiasan Imitasi Impor Berkualitas KWANG EARRINGS. baik eceran maupun dengan grosiran, silahkan kirimkan pemesanan Anda (Mohon cantumkan link url asesoris yang dipesan untuk kami pastikan ketersediaan stok produk). Tidak ada minimum pembelian jumlah item secara eceran, Bagi yang membeli secara grosir, mendapat diskon khusus. namun disertai ongkos kirim kurir JNE dari Jakarta, Indonesia:
- instagram dengan ID kwang_earrings
- email, telepon ataupun chatting online via Google Hangout : kwang.earrings@gmail.com
- LINE : RIANASHIETRA
- WhatsApp : (+62) 0817-4924-150.
- Juga Follow kami di Facebook: kwang_earrings

Syarat & Ketentuan:
- kerusakan dalam proses pengiriman, diluar tanggung jawab kami selaku penjual / supplier.
- tidak disertakan garansi, karena produk yang kami kirimkan dipastikan dalam kondisi baik dan utuh saat proses pengepakan dan pengiriman ke alamat pembeli.
- produk yang telah dipesan dan dikirimkan, tidak dapat dibatalkan ataupun ditukar.
- jika pelanggan puas atas layanan dan produk kami, mohon kesediaannya untuk dipromosikan ke rekan-rekan dan kerabat.

KWANG EARRINGS mengucapkan terimakasih atas kunjungan serta pembeliannya. Kami senang dapat membantu para wanita untuk tampil cantik dan manarik, dimana dan kapan pun berada, berapa pun usianya (tanpa batasan umur).
Berjiwa muda dan tampil belia, adalah keajaiban yang dapat dibantu oleh asesoris yang menawan sekaligus memikat. Kami senang dapat menyediakan pilihan perhiasan imitasi yang terjangkau namun tetap memperhatikan kualitas produk yang kami tawarkan secara eceran maupun grosiran.

Kami tunggu pesanan Anda, akan kami kirimkan pesanan Anda dengan hati yang penuh kehangatan untuk Anda atau untuk buah hati dan keluarga yang Anda kasihi.
Peluk dan Cium Erat!

Khusus untuk keperluan pemesanan barang dari Thailand, pemesanan dompet impor souvenir resepsi pertunangan / perkawinan, maupun untuk jasa PRIVATE TOUR GUIDE LEADER FREELANCE RIANA di Thailand, contact person:
- WhatsApp : (Thailand prefiks +66) 977-146-077;
- email, telepon, atau chatting online via Google Hangout : kwang.earrings@gmail.com
- LINE : RIANASHIETRA

TESTIMONI PEMBELI

TESTIMONI PEMBELI
Klik Gambar untuk Melihat TESTIMONI Pembeli Produk KWANG EARRINGS