Manfaat / Khasiat Buah Bilberry bagi Kesehatan Mata dan Otak

By SHIETRA - Oktober 19, 2019

Manfaat dan Khasiat Buah Bilberry bagi Kesehatan Mata dan Otak
Manfaat dan Khasiat Buah Bilberry bagi Kesehatan Mata dan Otak

Ternyata, setelah KWANG melakukan riset kecil-kecilan, antara Bilberry dan Blueberry tampaknya adalah nama yang merujuk buah yang sama, buah yang sangat menyerupai buah anggur. Dalam artikel ini, dengan demikian antara nama Bilberry dan Blueberry adalah buah yang sama.
Blueberry merupakan buah dengan bentuk bundar kecil sebesar biji kopi yang ternyata kaya akan manfaat, karena mengandung antioksidan yang tinggi. Adapun khasiat lainnya ketika dikonsumsi, ialah meningkatkan daya tahan tubuh.
Blueberry disebutkan mengandung antioksidan yang lebih tinggi dibanding sayur dan buah lainnya. Antioksidan bagus untuk daya tahan tubuh, karena mampu menetralkan radikal bebas akibat racun ataupun polutan asap polusi udara. Antioksidan ini dihasilkan dari pigmen penghasil warna biru pada blueberry.
Blueberry bahkan disebutkan dapat menstimulasi otak. Rajin mengonsumsi blueberry, dapat membuat otak bekerja lebih aktif dan lebih “pintar”. Hasil studi juga mengatakan bahwa kebiasaan mengonsumsi blueberry dapat meningkatkan daya ingat di kemudian hari, karenanya bisa lebih cerdas.
Membantu menajamkan penglihatan, itulah yang paling terkenal dari khasiat Blueberry. Konsumsi dua buah blueberry setiap hari akan menghindari diri dari risiko menurunnya penglihatan pada mata akibat penambahan usia.
Blueberry ternyata juga baik bagi kesehatan jantung, karena mengandung bahan yang baik untuk membantu menurunkan risiko terjangkit serangan jantung. Blueberry juga disebutkan mampu menurunkan gula darah. Buah blueberry merupakan buah dengan indeks glycemic rendah, yang baik untuk regulasi gula darah, terutama bagi mereka penderita diabetes.
Hebatnya lagi, Blueberry disebutkan juga mampu mencegah kanker, dimana anthocyanin-nya disebutkan dapat mencegah penyakit kanker. Disamping itu, Blueberry juga dapat mencegah infeksi di saluran kemih, karena blueberry dapat mencegah bakteri penyebab terjadinya infeksi kandung kemih.
Menghilangan lemak di perut, Blueberry yang mengandung bahan polyphenol yang ditemukan di dalamnya, membuat blueberry berkhasiat menurunkan lemak berlebih sekitar perut dan mengurangi masalah pada metabolisme tubuh.
Mengobati selulit, dimana buah blueberry mentah mengandung empat gram fiber. Serat yang ada di dalamnya lebih mudah diserap dibandingkan dengan air sekalipun. Blueberry bahkan baik untuk tulang, karena buah blueberry mengandung bahan manganese yang baik untuk tulang sehingga ampuh dalam menguatkan tulang sehingga terhindar dari risiko tulang keropos.
Bilberry adalah jenis tanaman berry yang sejak lama di Eropa telah digunakan oleh masyarakat tradisional sebagai pengobatan alternatif untuk mengatasi diare dan retinopati diabetik. Retinopati diabetik merupakan kondisi rusaknya pembuluh darah retina yang disebabkan komplikasi penyakit diabetes dan glaukoma. Selain itu, obat ini juga digunakan untuk mengatasi gangguan sirkulasi darah pada tungkai atau yang disebut chronic venous insufficiency.
Bilberry atau Vaccinium myrtillus L. bisa disajikan dengan berbagai cara. Misalnya sebagai herba yang dikeringkan atau direbus terlebih dahulu, serta ekstrak bilberry yang dikonsumsi dalam bentuk kapsul, atau juga bahkan kini bahkan dapat dijumpai dalam produk campuran dalam minuman yogurt meski dengan komposisi yang sangat sedikit.
Adapun zat anthocyanins yang dihasilkan dari ekstrak bilberry bekerja sebagai antioksidan yang dapat memperbaiki sirkulasi darah. Dewasa ini banyak dijumpai suplemen makanan dari ekstrak bilberry yang dikemas dalam bentuk kapsul maupun tablet, dimana ia tergolong herbal dan dijual secara bebas di pasaran.
Manfaat dan Khasiat Buah Bilberry bagi Kesehatan Mata dan Otak
Manfaat dan Khasiat Buah Bilberry bagi Kesehatan Mata dan Otak
Salah satu sumber menyebutkan, konsumen perlu menghentikan konsumsi herba bilberry, sekurang-kurangnya dua minggu sebelum menjalani operasi gigi.     Beri tahu dokter jika sedang menggunakan obat-obatan lainnya, termasuk herba atau suplemen, karena dapat menimbulkan interaksi obat tidak diinginkan.
Konsultasikan kepada dokter jika sedang menggunakan obat-obat berikut ini, karena dikhawatirkan bisa menimbulkan interaksi yang tidak diinginkan dengan ekstrak bilberry:
- Obat antidiabetes, seperti: pioglitazone atau insulin.
- Obat pengencer darah, seperti aspirin, warfarin, heparin, clopidogrel, atau enoxaparin.
- Obat-obat herba atau suplemen untuk menurunkan kadar gula darah.
- Obat-obat herba atau suplemen yang dapat memengaruhi proses pembekuan darah.
- Obat-obat herba atau suplemen yang mengandung kromium.
Bilberry dapat dimanfaatkan baik buahnya (yang kering maupun matang) hingga daunnya juga dapat digunakan untuk membuat obat herbal. Buah bilberry digunakan untuk meningkatkan ketajaman penglihatan (termasuk penglihatan di malam hari) mencegah katarak, degenerasi makula, dan glaukoma.
Beberapa orang menggunakan bilberry untuk mengatsi kondisi jantung dan pembuluh darah termasuk pengerasan arteri (aterosklerosis), varises, penurunan aliran darah di pembuluh darah, dan nyeri dada.
Buah bilberry juga digunakan untuk sindrom kelelahan kronis, wasir atau ambeien, diabetes, osteoarthritis, encok, infeksi kulit, gangguan pencernaan, penyakit ginjal, dan infeksi saluran kemih.
Kegunaan bilberry lainnya ialah mengurangi diare, maag pada orang dewasa atau anak-anak, menjaga kadar insulin, sebagai pencahar, serta sebagai antiseptik kemih.
Namun ada satu sumber yang menyebutkan bahwa bilberry tidak boleh disebutkan untuk jangka panjang, tanpa menyebutkan resiko mengkonsumsi bilberry dalam jangka panjang. Jika bilberry sifatnya herbal dan suplemen, menurut KWANG semestinya tiada efek samping untuk konsumsi jangka panjang.
Belum ada penelitian yang cukup tentang bagaimana suplemen herbal ini bekerja, sekalipun telah lama menjadi herbal bagi masyarakat tradisional. Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa bilberry mengandung bahan kimia yang disebut tanin yang dapat membantu mengatasi diare serta iritasi pada mulut dan tenggorokan, dengan mengurangi pembengkakan (radang).
Ada juga beberapa bukti bahwa bahan kimia yang ditemukan dalam daun bilberry dapat membantu mengatasi gula darah dan kadar kolesterol. Beberapa peneliti berpikir bahwa bahan kimia yang disebut flavonoid dalam daun bilberry juga dapat meningkatkan sirkulasi pada penderita diabetes. Masalah sirkulasi darah yang tidak ditangani dapat membahayakan retina mata. Daun bilberry pun umumnya digunakan sebagai teh, meski entah mengapa terdapat sumber yang menyebutkan agar jangan menggunakan daun bilberry dalam jangka panjang.
Manfaat dan Khasiat Buah Bilberry bagi Kesehatan Mata dan Otak
Disebutkan, Bilberry mungkin memiliki beberapa efek samping, termasuk: mata kering, mulut kering, sakit perut, sembelit. Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas.
Produk ini belum disetujui oleh Food and Drug Administration di Amerika Serikat (setara dengan BPOM Kementerian Kesehatan RI) meskipun diizinkan di negara-negara lain. Namun apakah berarti keselamatan dan kemanjurannya belum dipastikan? Keamanan jangka panjang dari produk herbal ini belum diketahui. Mungkin lebih tepat kita samakan dengan “jamu” tradisional.
Bilberry dapat memengaruhi kadar glukosa darah. Ini bisa mengganggu kontrol gula darah selama dan setelah operasi. Berhenti menggunakan bilberry setidaknya dua minggu sebelum operasi dijadwalkan.
Anda harus catat obat atau ramuan yang Anda gunakan atau yang berencana Anda gunakan dengan dokter Anda ketika mulai menggunakan bilberry. Regulasi yang mengatur penggunaan suplemen herbal tidak terlalu ketat dibandingkan dengan peraturan penggunaan obat. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menentukan keamanannya. Sebelum menggunakan suplemen herbal, pastikan manfaatnya lebih banyak dibandingkan dengan risikonya.
Sebagai langkah antisipasi, ada baiknya mencari informasi dari website resmi produk kemasan bilberry yang kita konsumsi setiap harinya. Salah satunya produk bernama Eye*!t, dari website resminya yang KWANG telusuri, tercantum keterangan : “Karena berupa suplemen makanan tambahan, EYE*!T boleh dikonsumsi setiap hari dan dalam jangka panjang. Selain itu EYE*!T juga bersumber dari bahan alami seperti buah & sayur, serta sudah lulus BPOM, sehingga aman dikonsumsi sehari-hari.”
Seberapa amankah bilberry? Bilberry cukup aman untuk ibu hamil dan menyusui serta anak-anak. Namun, ingat untuk menggunakan bilberry secukupnya. Jumlah besar penggunaan bilberry mungkin tidak aman. Jangan gunakan bilberry untuk orang-orang yang alergi.
Suplemen herbal ini dapat berinteraksi dengan obat Anda saat ini atau kondisi medis Anda. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter sebelum penggunaan.
Daun bilberry dapat menurunkan gula darah. Penggunaan daun bilberry bersama dengan obat diabetes dapat menyebabkan gula darah Anda terlalu rendah. Monitor gula darah Anda dengan cermat.
Bagi yang memiliki keluhan mata seperti mata minus atau mata plus, disebutkan bahwa masyarakat tradisional sudah sejak lama menggunakan terapi dengan konsumsi buah blueberry, karena buah ini berkhasiat untuk mengatasi keluhan mata.
Buah bilberry atau sebut saja buah blueberry ini ternyata telah lama digunakan sebagai obat herbal tradisional untuk mengatasi gangguan pembuluh darah dan penyakit mata karena mengandung zat aktif yang disebut antosianosida.
Inilah yang istimewa dari buah blueberry, zat antosianosida ini mampu membangun kapiler kuat yang terdapat di sebagian besar pembuluh darah di mata sehingga meningkatkan aliran darah dan pengiriman oksigen ke dalam kapiler. Pada gilirannya, peningkatan aliran darah ke mata dapat mencegah hipertensi okular yang dapat mengurangi resiko glaukoma.
Selain untuk mata minus, bilberry atau blueberry ini juga terbukti dapat mencegah katarak, penglihatan buram dan rabun senja karena adanya kandungan flavanoids yang membangun kolagen dalam pembuluh darah mata dan melindungi penglihatan serta daerah sensitif di sekitar retina.
Ada manfaat tersembunyi lain untuk si kecil yang menyehatkan ini. Dalam Journal of The Academi of Nutrition and Dietetics, disebutkan bahwa rajin mengonsumsi satu cangkir blueberry setiap hari dapat memperkecil risiko yang mengkonsumsinya dari potensi terserang penyakit jantung dan gangguan kardiovaskular.
Selain itu, blueberry mampu meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat dan fungsi kognitif seperti memecahkan masalah, pemahaman verbal, dan kemampuan berhitung.
Jadi, selain dapat satu keuntungan yaitu mampu mengatasi mata minus, anda juga dapat meningkatkan IQ atau kecerdasan. Nutrisi yang baik, ternyata penting sekali ya?
Blueberry baik untuk kesehatan kita, karena buah ini mengandung antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari penyakit, serta risiko kesehatan terkait usia. Ekstrak Blueberry bahkan disebutkan bisa mengobati Radang Gusi! Banyak sekali ya, manfaatnya. Bahkan, disebut juga Blueberry menjadi obat demensia.
Blueberry pun dijuluki "makanan untuk otak", karena bisa meningkatkan fungsi kognitif dan daya ingat semua usia. Sehingga, rajin makan buah yang kaya flavanoid ini akan memperlambat gangguan memori yang biasanya terjadi dikarenakan faktor usia.
Berikut manfaat lain dari makan buah blueberry, seperti dikutip dari situs Medical Daily, Selasa (11/7/2017).
1. Menurunkan risiko demensia. Fungsi kognitif setiap orang cenderung menurun seiring bertambahnya usia, tetapi semua itu bisa dihambat dengan menjalani diet makanan kaya nabati, seperti blueberry.
Dalam sebuah penelitian baru-baru ini, para peneliti menemukan orang tua yang sehat (usia 65 sampai 77) yang meminum 30 mililiter jus blueberry (setara dengan 230 gram buah berry) memiliki peningkatan aktivitas otak, aliran darah, dan bahkan memori yang signifikan dibandingkan dengan kelompok yang tidak meminumnya.
2. Mengurangi risiko alzheimer. Antioksidan dalam blueberry dapat memberikan manfaat nyata dalam meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif pada orang dewasa yang lebih tua dan berpotensi mencegah penyakit alzheimer.
Alzheimer adalah bentuk demensia yang mempengaruhi bagian otak yang mengendalikan pikiran, ingatan, dan bahasa.
Penelitian dari Universitas Cincinnati melakukan tes dan pemindaian otak pada orang dewasa yang lebih tua, yang mulai menunjukkan tanda-tanda gangguan kognitif ringan, faktor risiko alzheimer.
Para peserta dimasukkan ke dalam dua kelompok: satu kelompok diberi bubuk plasebo sekali sehari selama 16 minggu, sementara yang lainnya mengonsumsi bubuk blueberry kering beku (setara dengan satu cangkir buah). Orang dewasa yang mengonsumsi bubuk blueberry menunjukkan peningkatan ingatan dan peningkatan akses terhadap kata-kata dan aktivitas yang meningkat di otak.
3. Meningkatkan sel otak. Menambahkan blueberry ke makanan Anda dapat meningkatkan kinerja sel otak di hippocampus, wilayah otak yang bertanggung jawab atas memori.
Sebuah penelitian pernah dilakukan oleh Agricultural Research Service (ARS) pada 2002 dengan memberikan tikus satu cangkir blueberry selama dua bulan. Tikus-tikus itu menunjukkan telah terjadi peningkatan memori melalu hippocampus, yang merupakan salah satu dari sedikit area otak yang terus-menerus menggantikan neuron.
4. Meningkatkan konsentrasi dan ingatan. Mengonsumsi semangkuk blueberry dapat meningkatkan konsentrasi dan memori secara signifikan pada lima jam kemudian. Sebuah studi tahun 2009 yang dilakukan di Universitas Reading menemukan bahwa peserta yang meminum smoothie blueberry pada pagi hari jauh lebih baik dalam tugas mental pada pertengahan sore daripada mereka yang memiliki minuman yang berbeda.
Mereka yang tidak minum smoothie blueberry melihat penurunan kinerja mereka sebesar 15 sampai 20 persen. Peneliti Inggris yakin antioksidan dalam blueberry merangsang aliran darah dan oksigen ke otak, menjaga agar pikiran tetap aktif.
5. Mencegah penurunan memori yang berhubungan dengan usia. Buah berry, seperti blueberry dapat membantu otak tetap sehat melalui senyawa yang melindungi sel otak dari radikal bebas. Sebuah studi pada tahun 2012 menunjukkan bahwa buah berry mengubah cara neuron di otak berkomunikasi, karena mencegah peradangan di otak yang dapat menyebabkan kerusakan neuron dan memperbaiki kontrol motorik dan kognitif.
Semoga informasi tersebut bermanfaat. Karena KWANG EARRINGS adalah teman terbaik mu! 😊
Sumber Rujukan :
https:// www. tribunnews .com/tribunners/2017/08/22/manfaat-blueberry-untuk-mata-dan-kecerdasan-otak
https:// hellosehat .com/herbal/buah-bilberry/
https://www. alodokter .com/bilberry
https:// lifestyle.kompas .com/read/2013/09/03/2236014/Melirik.11.Manfaat.dari.Buah.Blueberry
https:// www. liputan6 .com/health/read/3018797/blueberry-dijuluki-makanan-untuk-otak-kenapa-ya

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Untuk memesan Asesoris Perhiasan Imitasi Impor Berkualitas KWANG EARRINGS. baik eceran maupun dengan grosiran, silahkan kirimkan pemesanan Anda (Mohon cantumkan link url asesoris yang dipesan untuk kami pastikan ketersediaan stok produk). Tidak ada minimum pembelian jumlah item secara eceran, Bagi yang membeli secara grosir, mendapat diskon khusus. namun disertai ongkos kirim kurir JNE dari Jakarta, Indonesia:
- instagram dengan ID kwang_earrings
- email, telepon ataupun chatting online via Google Hangout : kwang.earrings@gmail.com
- LINE : RIANASHIETRA
- WhatsApp : (+62) 0817-4924-150.
- Juga Follow kami di Facebook: kwang_earrings

Syarat & Ketentuan:
- kerusakan dalam proses pengiriman, diluar tanggung jawab kami selaku penjual / supplier.
- tidak disertakan garansi, karena produk yang kami kirimkan dipastikan dalam kondisi baik dan utuh saat proses pengepakan dan pengiriman ke alamat pembeli.
- produk yang telah dipesan dan dikirimkan, tidak dapat dibatalkan ataupun ditukar.
- jika pelanggan puas atas layanan dan produk kami, mohon kesediaannya untuk dipromosikan ke rekan-rekan dan kerabat.

KWANG EARRINGS mengucapkan terimakasih atas kunjungan serta pembeliannya. Kami senang dapat membantu para wanita untuk tampil cantik dan manarik, dimana dan kapan pun berada, berapa pun usianya (tanpa batasan umur).
Berjiwa muda dan tampil belia, adalah keajaiban yang dapat dibantu oleh asesoris yang menawan sekaligus memikat. Kami senang dapat menyediakan pilihan perhiasan imitasi yang terjangkau namun tetap memperhatikan kualitas produk yang kami tawarkan secara eceran maupun grosiran.

Kami tunggu pesanan Anda, akan kami kirimkan pesanan Anda dengan hati yang penuh kehangatan untuk Anda atau untuk buah hati dan keluarga yang Anda kasihi.
Peluk dan Cium Erat!

Khusus untuk keperluan pemesanan barang dari Thailand, pemesanan dompet impor souvenir resepsi pertunangan / perkawinan, maupun untuk jasa PRIVATE TOUR GUIDE LEADER FREELANCE RIANA di Thailand, contact person:
- WhatsApp : (Thailand prefiks +66) 977-146-077;
- email, telepon, atau chatting online via Google Hangout : kwang.earrings@gmail.com
- LINE : RIANASHIETRA

TESTIMONI PEMBELI

TESTIMONI PEMBELI
Klik Gambar untuk Melihat TESTIMONI Pembeli Produk KWANG EARRINGS