Operasi Plastik Wajah di Bangkok Thailand, Cosmetic Surgery and Bangkok Tour After Surgery

By SHIETRA - Oktober 16, 2019

Bangkok-Thailand Medical Tour Guide’s Diary Series
Bangkok Thailand PRIVATE TOUR GUIDE
Presented by : Guide Riana
COSMETIC SURGERY & TRIP AFTER RECOVERY
Catatan Guide kali ini agak unik, karena memiliki sejumlah misi yang berbeda dari tour biasa pada lazimnya wisatawan mancanegara ketika berkunjung ke Thailand. Yaitu untuk menemani klien pengguna jasa Guide yang akan melakukan operasi kecantikan (operasi estetik wajah). Ini benar-benar satu pengalaman berharga dalam perjalanan hidup dan karir Guide Riana.
Yuk, mari masuk kedalam cerita lengkapnya bersama-sama yang penuh inspiratif ini...
Hari pertama, Guide Riana menjemput kedatangan klien di bandara sesuai jadwal yang sudah disepakati bersama sebelumnya, untuk selanjutnya diantar langsung menuju klinik untuk bertemu dengan dokter dan melakukan konsultasi.
Inti dari konsultasi ini, pasien harus tahu benar, apa yang diinginkan. Jangan hanya melihat bagian tertentu dari orang lain dan ingin seperti itu, karena wajah kita adalah kesatuan kanvas. Apakah bagian yang kita anggap bagus, cocok dengan bagian wajah kita yang lain? Jadi dokter menekankan hal ini di klinik ini.
Prinsipnya, hendaknya tidak datang dengan hanya berbekal kata “ingin tampil lebih cantik”, tapi tidak tahu bagaimana definisi “cantik” itu dalam benak klien. Harus spesifik, itu dia yang hendak Guide Riana tekankan di awal sebagai persiapan klien sebelum berkunjung ke klinik bedah estetik di Thailand. Entahlah jika di klinik lain bagaimana dokter memberi konseling pra-operasi. Seiring pengalaman, akan Guide Riana tambahkan rinciannya pada kesempatan lain di artikel selanjutnya.
Setelah sesi konsultasi usai pada hari pertama ini, Guide Riana membawa mereka ke supermarket untuk berbelanja kebutuhan selama mereka menginap di apartemen, lalu mengantarkan mereka menuju apartemen dimana klien dapat beristirahat.
[Video : Waiting for Consultation. Antriannya itu booooo, seramai pasien berobat ke Puskesmas...]
[Note Guide Riana : Seluruh foto dan video ditampilkan atas seizin klien, dimana privasi klien tetap dihormati dan dijaga oleh Guide Riana.)
Keesokan harinya adalah hari yang ditunggu-tunggu, yakni hari akan dilakukannya bedah operasi wajah bagi klien. Karena kendala komunikasi bahasa asing, tanpa disangka-sangka, diperbolehkan satu orang dari pihak klien untuk menemani klien masuk ke dalam ruang operasi.
Namun siapakah yang akan dapat dimintakan tolong untuk menjadi translator atau penerjemah bagi klien dan sang dokter saat dokter melakukan pembedahan dimana sang klien nantinya akan diberikan instruksi oleh dokter lewat perantara penerjemah saat proses operasi berlangsung?
Siap tak siap, sungguh kejadian tak terduga, Guide Riana pun ditunjuk dan diberi kehormatan serta kepercayaan dari keluarga klien untuk menjadi pendamping bagi klien untuk menemaninya selama di dalam ruang operasi. Padahal, salah seorang anggota keluarga pasien, juga bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan sang dokter. Namun ternyata Guide Riana yang diberikan kehormatan dan kepercayaan tugas besar ini. Kepercayaan antara klien dan Guide, memang harus terjalin baik agar dapat operasi medis berjalan lancar.
So excited!!!
Begitu masuk ke ruang operasi, Guide Riana merasa amat tegang karena tidak ada pengalaman sebelumya. Membayangkan ada banyak darah dan lain-lain. Namun rasa ingin tahu yang besar atas pengalaman menarik ini, membuat Guide Riana tidak gentar untuk terus mendampingi klien di dalam ruang operasi.
Klien saat ini telah berbaring di atas ranjang khusus untuk operasi, dan diberi sedikit instruksi oleh dokter yang bertugas, dimana Guide Riana membantu menerjemahkan dan memberi tahu apa yang akan dilakukan suster dan dokter, karena kini klien sudah ditutup matanya.
Karena operasi kali ini hanya menggunakan local anestesi” (bius lokal), sehingga klien masih sadar, tidak tidur total kesadarannya. Baru tahu kan, jika ternyata “operasi plastik” itu bisa juga dilakukan secara “bius lokal”? Namun dalam kasus-kasus tertentu lainnya, klien akan diberi “bius total” (tunggu bahasan selanjutnya dalam artikel berikutnya dengan klien lain yang juga dipandu oleh Guide Riana).
Keseluruhan proses amat menegangkan, hingga sampai suatu waktu klien ingin ke kamar mandi. Dan karena sedang tengah-tengah operasi yang tanggung, maka diminta untuk ditahan sebentar. Hingga satu waktu klien merasa sudah tak tertahankan lagi, maka dari itu Guide Riana pun menyampaikannya ke dokter, dan sampai tahap penjahitan selesai, klien pun dapat pergi ke kamar mandi dan lanjut operasi setelah sekembalinya dari toilet.
Akhirnya, setelah sekian lama di dalam ruang operasi, operasi pun selesai dengan lancar. Huuiiih, leganya... Perasaan tegang dan gembira karena sukses operasinya, bercampur jadi satu. Tidak sia-sia perjuangan hari ini.
[Video : Before Operation]

Operasi Plastik Wajah di Bangkok Thailand, Cosmetic Surgery and Bangkok Tour After Surgery
[Photo : Me on Duty, Guide Riana saat sedang “bertugas” sebagai penerjemah di ruang operasi. Sudah mirip dokter saja ya?]

Operasi Plastik Wajah di Bangkok Thailand, Cosmetic Surgery and Bangkok Tour After Surgery
[Photo : in operation room.]

Operasi Plastik Wajah di Bangkok Thailand, Cosmetic Surgery and Bangkok Tour After Surgery
Operasi Plastik Wajah di Bangkok Thailand, Cosmetic Surgery and Bangkok Tour After Surgery
[Photo : After Surgery.]

Operasi Plastik Wajah di Bangkok Thailand, Cosmetic Surgery and Bangkok Tour After Surgery
[Photo : Istirahat pasca operasi di kamar khusus pemulihan. At recovery room after operation.]
Setelah selesai tahap operasi, ada banyak pantangan yang harus ditaati klien sesuai arahan dokter yang menangani, jadi harus didengar baik-baik agar pemulihan berjalan cepat dan tidak mengalami infeksi pasca opersai, serta agar bengkak cepat reda.
Setelah operasi, Guide Riana mengantar klien kembali ke apartemen dan kembali 3 hari kemudian untuk kontrol dan treatment pasca operasi di klinik yang sama. Pada treatment kedua, kondisi klien sudah amat membaik.
Mengingat kondisi klien sudah cukup memungkinkan untuk keluar ruangan, maka sesuai request dari klien yang menjadi pasien, maka Guide Riana bawa jalan-jalan sekitar hotel. Pertama-tama kami lunch alias makan siang bersama lalu, pergi ke café dengan konsep yang amat menarik. Yaitu resto café dengan konsep seperti di Harry Potter. Bayangkan, resto kafe berkonsep ala penyihir Harry Potter!
Menu yang mereka tawarkan semua sungguh unik dan menggoda untuk dicoba. Kemudian kami pergi ke tempat perbelanjaan dekat hotel untuk persediaan memasak bagi klien dan anggota keluarganya selama tinggal sementara di apartemen.
Pemulihan klien amatlah hebat, hari kedua dan ketiga tidaklah begitu sakit lagi kondisinya pasca operasi ini menurut pengakuan klien. Dan hari ketiga sudah tidak lagi meminum pain killer”, alias sudah bebas dari obat pereda rasa sakit. Wawwwww. Benar-benar tidak disangka kan.
Lalu tibalah hari pelepasan jahitan, pihak rumah sakit satu ini menurut Guide Riana agak sedikit teledor. Karena tak lama setelahnya, pasien dan keluarganya merasa masih ada bagian yang belum dilepas jahitannya. Ada jahitan dari bagian tubuh paska operasi yang harus dilepas, ternyata tidak turut dilepas oleh petugas perawatan di klinik, sehingga kemudian Guide Riana mencoba bantu tanyakan dan ingatkan pada pihak klinik. Benar-benar beruntung kami tanyakan, jika tidak, klien akan kembali dengan masih ada jahitan yang belum dilepas dari bagian tubuhnya. Kecerobohan tersebut terjadi karena kurangnya koordinasi antara dokter yang melakukan operasi dan petugas perawatan pasca operasi di klinik. Semestinya ada semacam rekam medik yang memberitahu di mana saja bagian bedah dan jahitan pada tubuh pasien agar perlu mendapat perhatian dan ditinjau kondisinya.
Setelah pelepasan, klien pun langsung ingin dibawa berjalan-jalan, untuk merayakan bersama. Haha, senangnya, kami pun bergembira bersama-sama menikmati kota Bangkok dari dekat. Jadi hari ini sesuai request, Guide Riana bawa menuju pusat perbelanjaan Platinum dan daerah sekitar. Tak terasa hari pun sudah sore dan kami berangkat pulang menuju hotel.
Hari berikutnya, mereka masih ingin ke Platinum, jadi kami ke Platinum lagi. Dan hari ini lebih cepat karena sudah tahu kira-kira barang apa yang ingin dibeli. Lalu Guide Riana memandu klien menuju Siam Paragon, Siam Centre dan Siam Square, dinner setelah itu mengantar pulang klien menuju hotel untuk beristirahat.

Operasi Plastik Wajah di Bangkok Thailand, Cosmetic Surgery and Bangkok Tour After Surgery
[Foto : Baju jadul nyentrik di Platinum. :) Ada yang minat? Ada anak foreigner yang beli lho ini, jangan dikira jadi pajangan saja, itu baju jadul zamannya era 50-an gitu, buat dijual bila ada yang berminat.]
Trip berikutnya adalah perjalanan menuju temple. Ke Thailand tidaklah lengkap tanpa “wisata kuil”. Kebetulan periode tanggal tersebut, masih masuk dalam bulan musim penghujan di Thailand. Hujannnnn setiap hari. Trip outdoor luar ruang terkadang akan lebih sulit jika cuaca saat musim penghujan. Jadi, "sedia payung sebelum hujan". :) Jangan khawatir, banyak penjual payung di Bangkok.
Nahhh kita mau ke temple hari ini, gimana dongggg??? Jadi dari sampai di Grand Palace, sudah hujan kondisi langit dan jalanannya. Sudah sampai, ya jalanin lah yha. Hmm, positifnya, Grand Palace yang biasa penuhhhhhh sesak berdesak-desakan dan berjubelan, banyak wisatawan China, ehhhh karena hujan, kini pada saat hujan itu ternyata pengunjungnya jauh berkurang banyak. Kami lihat sisi positifnya saja, dan tetap menikmatinya.
Pertamanya kita berteduh, tapi lama-lama ya udah beli payung dadakan dari penjual payung dekat kuil lalu membawa serta payung kemana pun saat kini kami di Bangkok, jalan-jalan aja. Dan lama-lama hujan pun berhenti. Paling rintik-rintik. Pas foto pun, yang biasa lautan orang, foto susah dapat frame sendiri, eh ini leluasa foto sendiri. Senangnya... ^-^

Operasi Plastik Wajah di Bangkok Thailand, Cosmetic Surgery and Bangkok Tour After Surgery
[Photo : Wat Pra Kaew & Grand Palace]

Operasi Plastik Wajah di Bangkok Thailand, Cosmetic Surgery and Bangkok Tour After Surgery
[Photo : Wat Pra kaew]
Dari sini kita jalan menuju Icon Siam, dan hujan besar lagiiii. Kita pun pergi ke Icon Siam menggunakan Perahu. Klien kali ini juga bahagia banget dengan Icon Siam, “berkelana” bersama-sama sampai waktunya pulang, lalu kami pun pulang menuju apartemen.
Trip terakhir adalah belanja ke weekend market, Chatuchak. Kebetulan hari itu adalah akhir pekan, karena Chatuchak hanya buka di akhir pekan saja.
Pagi-pagi, sudah Guide Riana bawa klien ke Chatuchak Park, mumpung masih belum hujan lagi seperti kemarin-kemarin, buat antisipasi, siapa yang lebih duluan, kami atau si hujan, haha...
Cuaca masih cerah dan di sana kita jalan dan foto-foto sebentar, karena anak-anak sudah pada lapar. Jadi kita ke Mixt Chatuchak buat lunch dan setelah selesai kita pun memulai lagi aktivitas berlanjaaa.  Beli baju, jajan, dan beli obat gosok buat oleh-oleh sekembalinya klien ke negara asalnya.
Setelah selesai, Guide Riana bawa ke Union Mall. Apa itu Union Mall? Ada yang tahu? Wajar bila banyak yang tidak mengenalnya. Karena Union Mall adalah tempat berlanja yang turis kebanyakan gak tahu—itulah gunanya Private Tour Guide. Selesai puas berbelanja sepatu di sini, kita early dinner dan antar kembali ke apartemen. Kalau belanja, sehari memang gak terasa ya, cepat sekali.

[Video : Chatuchak Park]
Kesesokan harinya, tiba saatnya klien pulang ke negara asalnya, yang kebetulan dari Indonesia, kampung halaman yang sama dengan Guide Riana.
Walaupun waktu kami tak lama melalui waktu bersama, tapi terasa mereka seperti saudara dan adik sendiri. Mereka adalah orang-orang yang baik dan bersahabat. Pengalaman bersama kami sungguh mengesankan dan membawa kenangan manis tersendiri. Semoga selama trip di sini merupakan pengalaman yang memorable bagi mereka dan sampai jumpa dilain kesempatan.
EPILOG
What Guide Riana says:
Cosmetic Surgery in Bangkok
Klinik dan rumah sakit untuk operasi kecantikan amatlah banyak di Thailand. Pasiennya sendiri berasal dan datang dari seluruh penjuru dunia—indikator bahwa Thailand memang “surga”-nya bedah kosmetik untuk keperluan perawatan kecantikan.
Apabila dari sobat-sobat ada yang berminat untuk melakukan operasi plastik (plastic surgery) di Bangkok, dan membutuhkan seseorang “asisten”, mulai dari mendaftarkan, permohonan informasi, rekomendasi, penjemputan, menemani pasien plus membantu menerjemahkan bila memungkinkan, bisa menggunakan jasa seorang Guide lokal di Bangkok, salah satunya yang disediakan jasanya oleh Guide Riana.
Kalian bisa survei dan mencari Klinik yang bisa dipercaya dari teman-teman Anda yang pernah melakukan operasi di Thailand. Sebisa mungkin, klinik yang terpecaya. Karena apabila hasil tidak memuaskan, atau gagal, anda pun pasti akan mencari klinik lain untuk malakukan revisi. Tentu akan memakan biaya lebih besar bila sampai harus menempuh “revisi”.
Jadi, sebagai nasehat dari Guide Riana, survei sebelum operasi amatlah penting. Apabila kalian menginginkan rekomendasi dari Guide Riana juga tidak masalah. Klinik yang Guide Riana percaya menyediakan berbagai jasa, mulai dari hidung, lipatan mata, dagu, bibir, pipi, lifting, buttock, breast, hair transplantation/ penanaman rambut, sedot lemak, mewarnai bibir, eyebrow, treatment untuk memutihkan kulit dan SEXY LINE dengan liposuction hingga rumah sakit untuk VOICE SURGERY dan melayani juga operasi untuk keperluan TRANSGENDER (female menjadi male, dan sebaliknya male menjadi female. Thailand adalah spesialisasinya untuk operasi transgender). Lengkap sekali layanan serta fasilitasnya, one stop services, begitu istilahnya.
Setelah pulih pasca operasi dan jika pasien masih memiliki waktu stay di Thailand, pergi berjalan-jalan setelah operasi juga merupakan ide yang baik, guna mempercepat proses pemulihan daripada hanya berdiam diri di ruang pemulihan atau di hotel agar tidak merasa sumpek.
Jika masih ada pertanyaan seperti berapa hari minimum stay di Thailand untuk operasi, prosedur pendaftaran bedah medis di klinik/ rumah sakit, informasi biaya, kebutuhan selama pra dan pasca operasi, rekomendasi klinik, dan saran penting lainnya, pengguna jasa Private Guide menghubungi langsung Guide Riana, pada nomor kontak yang tersedia.
Setelah pengguna jasa Private Guide resmi menjadi klien dengan sejumlah booking fee jadwal, Guide Riana barulah akan menjelaskan detail informasi-informasi penting agar klien dapat mempersiapkan diri dan melakukan pemilihan beberapa klinik atau rumah sakit yang dapat Guide Riana rekomendasi (masing-masing ada kelebihan, kekurangan, dan spesialisasinya).
Terima kasih dan sampai berjumpa di Bangkok, Thailand. <3
Sobat KWANG juga mungkin suka menyimak artikel terkait “layanan unggulan” kami ini: (pada link di bawah ini)
Karena KWANG adalah teman terbaik mu! 😊

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Untuk memesan Asesoris Perhiasan Imitasi Impor Berkualitas KWANG EARRINGS. baik eceran maupun dengan grosiran, silahkan kirimkan pemesanan Anda (Mohon cantumkan link url asesoris yang dipesan untuk kami pastikan ketersediaan stok produk). Tidak ada minimum pembelian jumlah item secara eceran, Bagi yang membeli secara grosir, mendapat diskon khusus. namun disertai ongkos kirim kurir JNE dari Jakarta, Indonesia:
- instagram dengan ID kwang_earrings
- email, telepon ataupun chatting online via Google Hangout : kwang.earrings@gmail.com
- LINE : RIANASHIETRA
- WhatsApp : (+62) 0817-4924-150.
- Juga Follow kami di Facebook: kwang_earrings

Syarat & Ketentuan:
- kerusakan dalam proses pengiriman, diluar tanggung jawab kami selaku penjual / supplier.
- tidak disertakan garansi, karena produk yang kami kirimkan dipastikan dalam kondisi baik dan utuh saat proses pengepakan dan pengiriman ke alamat pembeli.
- produk yang telah dipesan dan dikirimkan, tidak dapat dibatalkan ataupun ditukar.
- jika pelanggan puas atas layanan dan produk kami, mohon kesediaannya untuk dipromosikan ke rekan-rekan dan kerabat.

KWANG EARRINGS mengucapkan terimakasih atas kunjungan serta pembeliannya. Kami senang dapat membantu para wanita untuk tampil cantik dan manarik, dimana dan kapan pun berada, berapa pun usianya (tanpa batasan umur).
Berjiwa muda dan tampil belia, adalah keajaiban yang dapat dibantu oleh asesoris yang menawan sekaligus memikat. Kami senang dapat menyediakan pilihan perhiasan imitasi yang terjangkau namun tetap memperhatikan kualitas produk yang kami tawarkan secara eceran maupun grosiran.

Kami tunggu pesanan Anda, akan kami kirimkan pesanan Anda dengan hati yang penuh kehangatan untuk Anda atau untuk buah hati dan keluarga yang Anda kasihi.
Peluk dan Cium Erat!

Khusus untuk keperluan pemesanan barang dari Thailand, pemesanan dompet impor souvenir resepsi pertunangan / perkawinan, maupun untuk jasa PRIVATE TOUR GUIDE LEADER FREELANCE RIANA di Thailand, contact person:
- WhatsApp : (Thailand prefiks +66) 977-146-077;
- email, telepon, atau chatting online via Google Hangout : kwang.earrings@gmail.com
- LINE : RIANASHIETRA

TESTIMONI PEMBELI

TESTIMONI PEMBELI
Klik Gambar untuk Melihat TESTIMONI Pembeli Produk KWANG EARRINGS